Sederhana; Peringatan HUT Ke-73 TNI- Profesionalisme TNI untuk Rakyat

Loading

Kupang-NTT, gardaindonesia.id – Perayaan HUT Ke-73 Tentara Nasional Indonesia (TNI) dilaksanakan secara sederhana dan serempak di seluruh Indonesia. Di Kupang, perayaan HUT Ke-73 TNI digelar dalam bentuk Upacara Militer Dirgahayu ke-73 TNI di Hanggar Lanud El Tari Kupang, Jumat/5 Oktober 2018 Pukul 08.40—09.45 wita, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara Danrem 161/WS Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa SE.,MM.

Bertindak sebagai Komandan Upacara Danyonif RK 744/Syb Letkol Inf Bima S, Pa Up Mayor Inf Muh. Yamin S. Ag dan Pasukan upacara terdiri dari 1 Pok Satsik, 1 Pok Pembawa Lambang Satua, 1 Sst Gabungan Pamen TNI (AD,AL,AU), 1 Sst Gabungan Pama TNI (AD, AL,AU), 1 SSK Brigif 21/Kmd, 1 SSK TNI AL, 1 SSK TNI AU, 1 SSK Brimobda NTT, 1 SSK VI PNS Gabungan, 3 SSK VII Gabungan ( FKPPI, Satpol PP, Dishub dan 3 SSK Gabungan (Pelajar SMA, Pelajar SMP, Pramuka)

Amanat Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahyanto, dibacakan oleh Inspektur Upacara Danrem 161/WS, dengan beberapa penekanan, capaian kinerja TNI, dan peran serta TNI sebagai berikut:

Tugas lain TNI yang tidak kalah Penting yakni membantu Pemerintah dalam mengatasi Aksi Terorisme, Penegakan Hukum di Laut, Pengamanan Wilayah Udara Nasional serta terlibat even- even Strategis baik Nasional dan Internasional seperti Asian Games dan TNI sekarang ini di Bali sedang mengelar Pengamanan IMF World Bank.

TNI juga terlibat dalam Pengamanan Pemilu dan berkomitmen menjaga Netralitas TNI dalam Pelaksanaan Pemilu 2019. Salah satu Kuncinya adalah tekad TNI untuk terus menjaga Persatuan dan Kesatuan bangsa Serta menjadi benteng bagi Keutuhan NKRI.

Pembangunan TNI Renstra 2015-2019 telah mencapai 72 % berbagai Alutsista di tahun 2019 akan berdatangan seperti Rudal Startrek AD, Kapal Selam ALdan CN 235 AU dan AL serta pesawat tempur Sukhoi 35 TNI AU serta pembentukan satuan baru di Kawasan Indonesia Timur yaitu Divisi Infanteri 3/ Kostrad di Pakkato Sulsel, Koarmada III di Sorong, Koopsau III di Biak dan Pasmar 3 di Sorong dan juga akan di Resmi kan pangkalan terpadu di Natuna sebagai Pangkalan Operasi

Pada tahun 2018 ini TNI telah terlibat dalam penanggulangan Bencana di berbagai Daerah seperti Gizi Buruk di Asmat Papua, Letusan Gunung Agung Bali, Kebakaran Hutan Kalimantan dan Sumatera dan Gempa Bumi di Lombok dan saat ini Gempa Bumi dan Tsunami di Palu dan Donggala

5 Penekanan Panglima kepada Prajurit TNI
Pertama, Perkokoh iman dan takwa dan terus beribadah karena kepadaNyalah kita berserah diri dan mendapatkan kekuatan.

Kedua, Pertahankan dan tingkatkan Solidaritas TNI serta Kemanunggalan Rakyat agar selalu menjadi Pemersatu dan Perekat Bangsa.

Ketiga, Tingkatkan Kewaspadaan dan Profesionalisme menghadapi berbagai macam tantangan tugas yang di limpahkan kepada TNI.

Keempat, Mantapkan Netralitas TNI dalam Pelaksanaan Pemilu 2019 dan tidak melibatkan diri dalam mendukung Kelompok tertentu selama Pentahapan Pemilu.

Kelima, Jalani setiap tugas secara Ikhlas karena tugas kita semata mata untuk kepentingan Bangsa dan Negara tercinta ini

Usai Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Tentara Nasional di Kupang NTT dilanjutkan acara Parade Defile serta acara Syukuran di Shelter Lanud El Tari Kupang. Dalam acara syukuran diserahkan simbolis bantuan sepeda motor (20 unit) jenis trail dari anggota DPR RI, Herman Heri kepada Danrem 161/WS yang akan digunakan untuk operasional Babinsa di jajaran Korem 161/WS. Dmmp. Selain Upacara Peringatan HUT ke-73 TNI Tahun 2018, jajaran TNI di Kupang juga menggelar pameran Alutsista TNI di Pelataran Parkir Lippomall Plaza Kupang.

Unsur Forkompinda dan Undangan yang Hadir yakni Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat,S.H,M.Kn, Ketua DPRD NTT Anwar Pua Geno, Kapolda NTT Irjenpol Drs. Raja Erisman, Danlantamal VII/Kpg Brigjen (Mar) Kasirun Situmorang, S.H, Kabinda NTT Brigjen TNI Adrianus Suryo Nugroho, Danlanud El Tari Kupang Kolonel Pnb Arief Hartono, S.H, Kasat Brimobda NTT Kombespol Pol Deonijiu de Fatima S.IK SH, Kajati NTT Dr. Febrie Ardiansyah, S.H, M.H, Kadilti NTT Andreas Don Rade, S.H, M.H, Dit Polairud NTT Kombespol Drs. Dwi Suseno, Wadanlantamal VII/Kpg Kolonel Laut (P) Ari , Kasrem 161/WS Kolonel Czi Aji Jaya, Para Kasi Korem 161/WS, Para Asisten Lantamal VII/Kpg, , Danbrigif 21/Kmd Kolonel Inf Umar , Para Kadis Lanud El Tari, Kepala PPTP Kemhan Wilayah NTT, Ka Otmil III-14 Kupang, Ka Dilmil III-15 Kupang, Dandim 1604/Kupang, Para Dan/Ka Balak Aju Dam IX/Udayana, Kapolres Kupang Kota, Kapolres Kab. Kupang, GM Angkasa Pura I (Persero) Lanud Eltari, Kepala Divre Bulog NTT, GM PT PLN (Persero) Wilayah NTT, GM Pelindo III (Persero) Kupang, Kepala PT Jamkrindo NTT, Kepala Kantor Cabang Asabri Kupang, Kepala Pegadaian Cabang Kupang, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Ketua FKUB NTT, para tokoh Agama Insan Pers dan media masa serta diikuti -+ 1000 orang Personel Gabungan TNI (AD, AL dan Au), Forkopimda NTT, Serta Pelajar dan elemem masyarakat di Kupang. (+rb)