Gunung Agung Erupsi Level III (Siaga), Bahaya Radius 4 km dari Kawah

Loading

Denpasar, gardaindonesia.id | Telah terjadi erupsi Gunung Agung di Karangasem Bali pada tanggal 30 Desember 2018 pukul 04:09 WITA, namun tinggi kolom abu tidak teramati. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi ± 3 menit 8 detik.

KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunung api Agung mengatakan saat ini Gunung Agung berada pada Status Level III (Siaga) dengan rekomendasi:

Pertama, Masyarakat di sekitar G. Agung dan pendaki /pengunjung /wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya yaitu di seluruh area di dalam radius 4 km dari Kawah Puncak G. Agung. Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan G. Agung yang paling aktual/terbaru.

Kedua, Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.

Dampak Erupsi Gunung Agung

Terpisah, Rupusdalops PB BPBD Kab. Karangasem mengatakan berdasarkan erupsi Gunung Agung yang terjadi pukul 04.09 wita.

Adapun wilayah yang terkena paparan hujan abu yakni Banjar Dinas Uma Anyar Ababi bagian barat terpapar hujan abu ringan;
1) Wilayah Kota Amlapura terpapar hujan abu sedang;
2) Desa Seraya Barat terpapar hujan abu ringan;
3) Desa Seraya Tengah terpapar hujan abu ringan;
4) Banjar Dinas Ujung Pesisi terpapar hujan abu ringan;
5) Lingkungan Pesagi dan Lingkungan Pebukit hujan abu ringan;
6) Desa Tenggalinggah hujan abu ringan;
7) Kantor BPBD terdapat hujan abu ringan.

Sedangkan hasil koordinasi dengan Kepala Desa Ban dan Desa Dukuh Gunung Agung terpantau cerah dan tidak terpantau ada asap keluar dan hujan abu. Desa Jungutan dan Pantauan dari Kantor BPBD Gunung Agung tertutup mendung tebal.

Sumber berita (*/Badan Geologi + BPBD Karangasem)
Penulis dan editor (+rony banase)