Gempa Bumi Guncang Kefamenanu, Tidak Berpotensi Tsunami

Loading

Kefa-TTU, Garda Indonesia | Gempa bumi tektonik berkekuatan M=4.7 mengguncang sebelah Tenggara Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Provinsi Nusa Tenggara Timur pada hari Jumat/ 15 Maret 2019 pukul 08.30.03 WITA

Hasil analisa BMKG menunjukkan Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 9.56 LS dan 124.72 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 18 Km Tenggara Kabupaten Timor Tengah Utara, Kefamenanu, Provinsi NTT, pada kedalaman 29 km.

Kepala Stasiun Geofisika Kupang, Robert Owen Wahyu, S.Si., mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Belu di Tenggara Kefamenanu.

“Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di Kefamenanu II – III MMI”, jelasnya

Lanjut Robert, Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

“Hingga pukul 09.11 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempabumi susulan”, ungkap Robert

Robert menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (*)

Sumber berita (*/BMKG El Tari Kupang)
Editor (+rony banase)