Gubernur Viktor Imbau Anak Muda Miliki Spirit Patriotisme

Loading

Kupang-NTT, Garda Indonesia | “Saya mau anak-anak muda untuk juga memiliki spirit patriotisme yang besar. Anak muda yang adalah orang maluku di NTT ataupun anak muda asli NTT harus punya semangat perjuangan. Kamu harus punya minat dan daya tarik untuk mengubah keadaan jadi lebih baik. Turut berperan aktif membawa NTT keluar dari stigma buruk. Meskipun kita dilihat sebagai provinsi termiskin ketiga, namun kita tetap terus bekerja berkarya. Anak muda harus tahan banting dan tidak perlu memiliki rasa takut,” imbau Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL)

Himbauan tersebut disampaikannya dalam acara HUT Pattimura yang ke 202 bertempat di Halaman Kantor RRI Kupang pada, Rabu, 15 Mei 2019 pukul 18.00 WITA—selesai yang diselenggarakan oleh Ikatan Warga Asal Maluku (IWASMA) NTT dengan mengusung tema ‘Patimura Untuk Indonesia’ dengan sub tema ‘Dengan Semangat Nilai-Nilai Pattimura Warga NTT Mendukung Program Pemerintah Nusa Tenggara Timur Mewujudkan ‘NTT Bangkit NTT Sejahtera’.

Gubernur VBL dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Masyarakat Maluku

Gubernur NTT Viktor Laiskodat

“Terima kasih pada masyarakat Maluku yang sudah menjalanka tanggung jawab moril dengan membuat acara untuk memperingati pahlawan kebanggaan Kapitan Pattimura. Hingga hari ini sudah 202 tahun. Perjuangan dan spirit Pattimura belum usai,”ujar Gubernur Viktor

Lanjutnya, Kita bersyukur karena bangsa yang besar ini memiliki seorang pahlawan nasional yang memiliki jiwa patriotisme tinggi. Kita mau agar semangat seorang Pattimura itu terus ada bersama kita.

Karena menurut Gubernur Viktor, Ciri orang yang patriotisme itu adalah tidak menunggu komando atau perintah bila melihat sebuah masalah. Tidak berdiam diri tetapi langsung mau untuk mengatasi masalah yang ada

“Untuk memajukan provinsi ini, maka elemen birokrasi harus siap berani untuk mengubah provinsi ini menjadi provinsi yang hebat. Jabatan yang sudah didapat itu disyukuri dan dilaksanakan secara maksimal untuk melayani NTT. Jadi acara hari ini bukan hanya untuk memperingati pahlawan Pattimura tetapi juga sebagai amanah untuk mewujudkan semangat perjuangan patriotisme dalam keseharian kita”, pintanya

Sedangkan, Urbanus Mahoklory selaku Ketua IWASMA (Ikatan Warga Asal Maluku) NTT mengatakan acara HUT Pattimura ini merupakan semangat kebersamaan atas keagungan Pattimura.

“Semangat Pattimura dalam mengusir penjajah dari bumi Maluku dan juga menentang ketidakadilan pada masa lampau itulah yang menjadikan kami putra-putri Maluku memiliki kesadaran untuk memiliki semangat kebersamaan untuk merayakannya bersama pada hari ini,” jelas Urbanus.

Ia menambahkan meskipun Pattimura sudah tidak ada namun semangatnya masih menaungi masyarakat Maluku yang ada di bumi Flobamora.

“Semangat kami disini orang-orang Maluku juga turut ingin mewujudkan NTT Bangkit NTT Sejahtera sesuai dengan apa yang dikatakan Pak Gubernur”, pungkas Urbanus. (*)

Sumber berita (*/Biro Humas dan Protokol Pemprov NTT)
Editor (+rony banase)