‘Grasstrack & Motocross Ultras Victory’—Perebutkan Piala Bergilir VBL

Loading

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Kejuaraan Daerah (Kejurda) Ultras Victory Grasstrack & Motorcross 2019 yang dihelat dan di-organized  oleh Ultras Victory pada tanggal 12—14 Juli 2019 di lokasi wisata Boneana Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur; tampil beda dengan menghadirkan crosser dari luar NTT.

Ketua Panitia Kejurda Ultras Victory Grasstrack & Motorcross 2019, Nyongki Asadoma dan didampingi oleh Vecky Taseseb dari Ultras Victory, kepada awak media dalam Konferensi Pers pada Rabu, 10 Juli 2019 pukul 18:35 WITA di Sekretariat Ultras yang berlokasi di Jalan Nangka Kelurahan Oeba, Kota Kupang mengatakan bahwa even Motorcross dan Grasstrack Ultras memperebutkan Piala Bergilir Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) Cup seperti El Tari Cup.

“Piala Bergilir VBL Cup pertama kali dilaksanakan dan akan berlangsung setiap tahun tanpa batasan waktu meski Pak Viktor Bungtilu Laiskodat tidak lagi menjabat sebagai gubernur”, terang Ketua Panitia Grasstrack dan Motorcross Ultras VBL Cup 2019, Nyongki Asadoma.

Ketua Panitia Ultras Victory Grasstrack dan Motorcross 2019, Nyongki Asadoma (bertopi hitam), Math Atasoge  dari IMI NTT (bertopi krem), Vecky Taseseb dan Sekretaris Panitia

Lanjut Nyongki, “Even ini akan berkelanjutan dan akan memberikan dampak bagi tempat dimana even itu berlangsung. Even yang dilaksanakan di Boneana ini sekaligus ajang untuk lebih mengenalkan Boneana”, ujar adik kandung dari Wakapolda NTT, Jony Asadoma.

Selain itu, tambah Nyongki, “Even ini juga akan berlangsung secara independen dan tanpa setingan dan panitia berada dalam naungan Ikatan Motor Indonesia (IMI) NTT.”

Kejurda Motorcross dan Grasstrack Rasa Kejurnas

Terkait dengan Kejurda Rasa Kejurnas karena panitia mengundang 22 kab/kota Se-NTT, Bali, Jawa dan Timor Leste, Nyongki menuturkan tentang konsistensi panitia untuk tetap melangsungkan Grasstrack dan Motorcross Ultras dengan memperebutkan VBL Cup

“Kejurda rasa kejurnas agar even ini lebih kompetitif karena pembalap dan crosser bagus ada di Bali dan Jawa. Agar crosser kita dapat belajar dari mereka”, pungkas Nyongki.

Sedangkan, Juri Grasstrack dan Motorcross Ultras Victory 2019, Matheos Atasoge menyampaikan tentang regulasi dan sirkuit.
“Sirkuit di Boneana telah rampung 100 persen dan siap digunakan. Kejurda ini melombakan 14 Kelas dan 1 Kelas khusus bagi anak-anak usia 5—9 tahun”, terang Math Atasoge yang tergabung dalam IMI NTT.

Adapun total hadiah sebesar 210 juta rupiah telah termasuk uang pembinaan, thropy per kelas, Piala Bergilir Gubernur NTT + 1 (satu) unit sepeda motor untuk juara umum dari Toko Piet.

“Ini hadiah yang sangat besar karena pengalaman kami saat menyelenggarakan berbagai even otomotif seperti road race, dragbike, grasstrack dan motorcross tak pernah ada hadiah sebesar ini”, ungkap Math.

Disamping itu, jelas Math bahwa pendaftaran telah dibuka sejak Senin, 8 Juli 2019 dan akan ditutup pada Kamis, 11 Juli 2019 pukul 23:00 WITA (11 malam) dan diperkirakan mencapai 300 starter yang akan mengikuti lomba.

“Hingga Rabu, 10 Juli 2019 telah terdaftar dan dipastikan ikut dalam even Grasstrack dan Motorcross Ultras 2019 sebanyak 30 tim melalui e-mail dan telepon dan ada yang melakukan konfirmasi langsung dari region 2 (Jawa) sekitar 6 pembalap dan region 3 (Bali,NTB,dan NTT), Bali telah ada konfirmasi sedangkan NTB belum melakukan konfirmasi”, tandas Math Atasoge.

Penulis dan editor (+rony banase)