Selaku Perempuan Sukses dan Istimewa

Loading

Oleh : Yelinri Juana Martha Taosu.

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Diciptakan sebagai perempuan adalah keindahan yang wajib disyukuri. Serta menjadi perempuan yang sukses adalah bentuk rasa syukur atas keindahan yang dimiliki. Lantas, seperti apakah sukses itu ? Juga bagaimanakah hidup dalam kebiasaan-kebiasaan yang mendatangkan sukses itu?

Varelie Burton dalam bukunya succesfull women, think differently menjelaskan bahwa sukses sejatinya adalah “menjalani tujuan hidup anda dan menjalaninya dengan ketekunan dan sukacita”.  Berangkat dari nukilan ini, dapat saya katakan bahwa perempuan sukses adalah dia dengan tujuan hidup yang jelas (bukan berjalan tanpa tujuan) dan selalu sedia dalam berbagai giat dan kiat untuk mencapai suksesnya, serta selalu menambahkan sukacita dalam setiap keringat akan lelahnya berusaha.

Mengapakah harus sukacita? Sebab sejatinya sukacita adalah rasa bahagia dan syukur yang menjadi kekuatan bagi perempuan sukses. Hingga akhirnya kita semua paham bahwa sukses sejatinya bukan hasil dari tujuan namun perjalanan dalam mencapai tujuan itu sendiri.

Namun, dimanakah perempuan sejatinya harus mencari apa tujuan hidupnya? Satu hal yang dilupakan banyak perempuan masa sekarang adalah belajar dari Alkitab. Perempuan yang sukses, belajar dari Alkitab. Sebab mencari tujuannya adalah mendengar apa yang Tuhan kehendaki. Karna ia tahu pasti bawa Tuhan tidak melakukan kesalahan ketika menciptakannya. Tentu dengan tujuan yang mulia.

Setelah mencari dan memegang tujuannya, perempuan butuh yang namanya tahan uji. Sebab sukses itu sendiri butuh tahan uji. Tahan uji adalah mampu tetap berdiri atau bangkit kembali setelah dihantam badai. Perempuan yang sukses tak akan menyerah pada ketakutannya akan badai. Sebaliknya ia mengadapi ketakutan itu.

Perempuan sukses selalu menempatkan diri dalam kewaspadaan akan pikirannya. Ia mampu mengontrol apa yang harus dan tidak harus ada dalam pikirannya, termasuk ketakutan-ketakutannya. Sebab ia tahu, perempuan yang tetap berdiri setelah dihantam badai tak akan terusik oleh gerimis.

Dari tahan uji inilah kita bisa menyadari bahwa sebagai perempuan, kita tak perlu mengecilkan impian-impian atau tujuan kita. Dalam meraih tujuan, akan nada masalah-masalah sebagai pendewasaan diri.

Kita akan dituntut untuk berfokus pada solusi bukan masalah.

Jangan menyerah!. Ambillah langkah sebagai perempuan berani!.

Jadilah konsisten dan dapat dipercaya, namun jangan palsukan dirimu untuk itu. Tumbuhlah dalam lingkungan yang menumbukanmu pada tujuanmu.

Tetaplah rendah hati.

Berikut adalah kebiasaan-kebiasaan dan sikap yang perlu dibangun dan dihidupi oleh seorang perempuan yang akan menjadi sukses :

Pertama ialah Optimis, hiduplah dengan sejuta harapan sebab kelemahanmu tak akan menghentikanmu. Buang sifat pesimis. Membiarkannya menguasaimu adalah sebuah kesalahan besar. Lampaui ketakutanmu dan rintanganmu. Bersama Tuhanmu, tidak ada yang mustahil.

Kedua, Nikmati hidup, syukuri setiap berkat Tuhan dan semua yang kau alami. Berbahagialah dengan apa yang kau miliki.

Ketiga, yang tak kalah penting ialah bangunlah dirimu pada hal-hal yang benar. Ini berarti bawa kesalahan-kesalahan kita bukanlah patokan sejati sehingga kita mudah terpuruk. Namun mengoreksi diri adalah sangat penting.

Keempat, Sikap berikut ialah disiplin. Disiplinlah untuk mengendalikan dirimu, pastikan bahwa kamu adalah perempuan yang berjalan kearah tujuanmu. Sebab tujuan perempuan sukses tidak hanya dirancang, namun juga diraih.

Kelima, Hiduplah dengan emosi yang positif, merupakan suatu kebiasaan yang baik. Kita perlu emosi yang positif dari dalam diri. Sebab emosi positif inilah yang akan memancarkan kebahagiaan, dan kebahagiaanlah yang mendatangkan kesuksesan.

Keenam, selalulah bersiap hadapi tantangan. Sebab dari tantangan kita terus memperbaiki diri menjadi lebih baik. Ini mejadikan kita perempuan yang tahan uji.

Ketujuh, Tegaslah dalam menentukan tujuanmu, tegaslah. Entah tegas pada waktumu, kinerjamu, pilihanmu, maupun pikiranmu. Namun janganlah menjadi tergesa-gesa.

Kedelapan, Kebiasaan selanjutnya adalah perempuan sukses selalu pandai melibatkan kerjasama dan komunikasi. Kita salah besar jika mengatakan bawa bisa hidup tanpa orang lain. Hal ini juga disadari oleh perempuan sukses. Sehingga ia akan melibatkan kerjasama dan komunikasi yang semakin menguatkannya. Perempuan sukses belajar dari banyak orang di sekitarnya.

Kesembilan, Hal terakhir namun bukan akhir yang banyak diabaikan perempuan adalah tintakan visimu. Kebiasaan ini selalu diabaikan banyak perempuan. Mereka sering mengabaikan dan tidak menyadari kekuatan dari menuliskan sesuatu, termasuk menuliskan isi hati mereka. Tuliskanlah bagian terbaik darimu yang akan kau raih. Syukuri dirimu yang kau tulis dalam tinta-tinta itu, lalu jadikanlah itu visimu.

Perempuan sukses adalah ia yang melangkah mantap menuju visinya. Teguh akan giatnya serta bersukacita senantiasa. Perempuan sukses adalah ia yang bersyukur dan mengalami proses-proses luar biasa dalam hidupnya yang menjadikannya istimewa. (*)

Penulis (*/Mahasiswi Undana Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sasta, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Semester 4)

Editor (+rony banase)