HUT ke-74 RI; Camat Tasifeto Barat Lepas 40 Regu Lomba Gerak Jalan Tingkat SD

Loading

Atambua-Belu, Garda Indonesia | Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-74 RI, sebanyak 40 regu ikut lomba gerak jalan tingkat Sekolah Dasar se-Kecamatan Tasifeto Barat di Sukabitetek, Desa Leuntolu, Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu.

Dilepas oleh Camat Tasifeto Barat, Yohanes Seran pada Selasa, 12 Agustus 2019, Para peserta gerak jalan yang terdiri dari regu putra dan putri menempuh jarak sejauh 8 km.

Hadir dalam acara pelepasan, Kapolsek Tasifeto Barat, I Wayan Budiasa bersama anggota, Danpos Lookeu Letda Inf Sumarno melalui perwakilan 2 anggota pamtas, Kopda Yoyok Hernawan dan Serda Akbar Wahyu Mandari, Kades Naekasa, para kepala sekolah, orang tua peserta dan masyarakat.

Lomba gerak jalan itu diwajibkan bagi 20 SD yang tersebar di wilayah kecamatan Tasifeto Barat. Setiap sekolah mengutus 2 regu, yakni regu putra dan putri. Jumlah anggota setiap regu 17 orang ditambah 5 orang cadangan untuk masing-masing regu.

 

Pantauan media ini, pelepasan para peserta gerak jalan dilakukan tepat pukul 14.45 WITA secara berurutan menuju titik finish di depan Kantor Camat Tasifeto Barat.

Regu putri lomba gerak jalan asal SDI Talla dengan nomor dada 01

Ketua panitia gerak jalan, Yoseph Hendrikus Taek, melalui koordinator Yance Mali, S.Pd. yang diwawancara wartawan menggambarkan, jadwal pelepasan pada pukul 14.45 WITA, dengan titik finish di depan Kantor Camat Tasifeto Barat.

“Total waktu yang disiapkan bagi setiap regu yakni 1 jam 28 menit dengan interval waktu jarak tempuh per kilo 11 menit”, terang Yance sambil menambahkan setiap regu dilepas secara berurutan mulai dari regu pertama dan disusul regu- regu lainnya.

Sementara itu, dalam amanat pelepasannya, Yohanes Seran mengatakan, sebagai warga negara yang baik wajib merayakan HUT RI setiap tahun ini secara meriah. Menurutnya, hari ulang tahun kemerdekaan RI ini dapat memberikan semangat kepada semua warga negara untuk berjuang, terutama semangat bagi anak- anak generasi muda.

Ia menuturkan, perayaan HUT ke-74 RI ini sebagai tanda penghormatan terhadap perjuangan jasa para pahlawan.
”Kita patut memberi apresiasi bagi para pendahulu kita. Salah satunya lewat gerak jalan yang digelar hari ini. Kegiatan ini sebagai wujud cinta dan penghargaan kita terhadap jasa para pahlawan. Karena itu, kita perlu mengisi kemerdekaan ini dengan kegiatan- kegiatan positif, salah satunya seperti yang kita sedang laksanakan di kecamatan Tasifeto Barat,” katanya.

Selain itu, Yohanes juga mengimbau kepada seluruh peserta gerak jalan untuk berhati- hati dan tertib selama dalam perjalanan untuk menghindari hal- hal yang tidak diinginkan bersama, seperti kecelakaan lalulintas dan cedera fisik para peserta.

“Saya minta tertib di jalan untuk menghindari hal- hal buruk. Saya juga minta partisipasi dan kerja sama semua komponen demi sukseskan HUT RI ini. Karena itu, mohon izin dari kita semua dan memohon restu dari Tuhan, saya lepas semua peserta ini dengan resmi,” pintanya.

Disaksikan media ini di titik finish depan kantor camat Tasifeto Barat, 3 (tiga) regu yang mencapai titik finis pertama secara berurutan yakni finis pertama, regu putri asal SDI Talla dengan nomor dada 01, pada pukul 16.20 WITA; kedua, regu putra yang juga asal SDI Talla dengan nomor dada 05, pukul 16.27 WITA; Ketiga, disusul regu putri asal SDI Halibesin, dengan nomor dada 02, tepat pukul 16. 32 WITA. (*)

Penulis (*/Herminus Halek)
Penulis (+rony banase)