Lahan Ilalang di Dekat Tol Kanci Cirebon Terbakar, Penyebab Belum Diketahui

Loading

Jakarta, Garda Indonesia | Kebakaran lahan berupa ilalang terjadi di Desa Kanci, blok Sigagla, Kecamatan Astana Japura, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, pada Minggu, 25 Agustus 2019.

Agus Wibowo, Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB menyampaikan berdasarkan kronologi kejadian sebelumnya, api dari ilalang kering yang merembet ke pinggir jalan raya arah Tol Kanci hingga seluas 3 hektar di sebelah utara berhasil dipadamkan.

“Selang beberapa waktu, api muncul kembali dari ilalang yang kering dan merembet kearah selatan pinggir jalan raya dengan jarak sekitar hampir 5 meter memasuki kawasan Tol Kanci dengan luas 1 hektar,” jelas Agus.

Upaya pemadaman kebakaran lahan ilalang dilakukan oleh petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon, Pemadam Kebakaran (Damkar) Lemah Abang dan Polsek Astanajapura

Lanjutnya, Kebakaran lahan yang terjadi sejak pukul 12.43 WIB itu berhasil dipadamkan pada pukul 19.40 WIB.

“Penyebab kebakaran tersebut belum diketahui dan korban jiwa dinyatakan nihil,” ungkap Agus Wibowo.

“Upaya pemadaman tersebut dilakukan oleh tim gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon, Pemadam Kebakaran (Damkar) Lemah Abang dan Polsek Astanajapura dengan mengerahkan mobil damkar yang dilakukan secara manual langsung ke titik api meski sebelumnya mengalami kendala berupa medan yang sulit dicapai dan tidak ada sumber air terdekat,” terang Agus Wibowo.

Sumber berita (*/Humas BNPB)
Editor (+rony banase)