Harga Bahan Pokok Makanan di Kota Kupang Stabil & Lebih Rendah dari Nasional

Loading

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL), pada Jumat, 23 Agustus 2019, mendampingi Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita guna memantau secara langsung harga bahan pokok makanan di Pasar Oebobo dan Pasar Kasih Naikoten Kota Kupang.

“Apresiasi patut diberikan kepada Gubernur NTT, karena mampu menjaga kestabilan harga pasar di NTT. Beliau juga sangat mengetahui secara detail ciri dari setiap bahan makanan yang ada di pasar,” jelas menteri.

“Harga sangat stabil, dan bahkan lebih rendah dari harga nasional. Contohnya daging sapi, harga nasional sekarang berkisar antara 110 sampai 120 ribu per kilogram, sedangkan di Kupang harganya sangat baik di angka 90 ribu per kilogram,” sambung menteri.

Ada hal yang cukup menarik saat kunjungan ke Pasar Kasih Naikoten. Terlihat banyak pedagang yang berjualan di dalam gedung pasar kasih berlantai dua itu datang menghampiri Gubernur Laiskodat untuk menyampaikan keluhan mereka.

Mulai dari soal penerangan, kebersihan sampai permasalahan tata jual, dimana mereka sangat dirugikan dengan beberapa pedagang yang berjualan di tempat yang seharusnya dijadikan terminal. Para pedagang juga mengatakan bahwa hal ini sudah disampaikan berulang kali kepada Wali Kota Kupang, tapi sampai saat ini tidak ada tindak lanjutnya.

Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita dan Gubernur NTT Viktor Laiskodat saat memantau harga bahan pokok di Pasar Kasih Naikoten Kupang

Sedangkan Gubernur Viktor langsung memerintahkan pengelola pasar kasih untuk segera berkonsultasi dengan pihak Pemerintah Kota Kupang, berkaitan dengan persoalan dari para pedagang.

“Konsultasi dulu dengan pihak pemkot, karena ini masih menjadi tanggung jawab mereka. Tapi jika dalam waktu 1 minggu tidak ada respon dari pemkot, maka pemprov akan masuk dan tertibkan semua. Kebersihan, penerangan, dan juga kedepan kalau pemprov masuk dan benahi pasar ini, maka tidak ada kendaraan baik roda 2 maupun roda 4 yang boleh masuk sampai area pasar,” tegas Gubernur Viktor Laiskodat.

Turut hadir mendampingi Gubernur, terlihat Kadis Perindag dan Karo kerja sama Setda Prov NTT.

Sumber berita (*/Sam Babys—Staf Biro Humas dan Protokol Prof. NTT)
Editor (+rony banase)