SMAK Giovanni Kupang Raih Juara Cerdas Cermat Kimia Ke-IX Tkt SMA/MA Se-NTT

Loading

Kupang-NTT, Garda Indonesia | SMA Katolik Giovanni Kupang keluar sebagai juara I pada lomba Cerdas Cermat Kimia (CCK) ke-IX Se-NTT, yang digelar Ikatan Mahasiswa Pendidikan Kimia (IMASPIKA), Prodi Pendidikan Kimia, FKIP Undana Kupang.

SMAK Giovanni Kupang memastikan gelar juara tersebut setelah melewati babak grand final pada Sabtu, 21 September 2019, di Aula Rektorat lama Undana.

SMAK Giovanni Kupang yang diwakili 2 tim pada babak grand final, berhasil menyabet juara I dan juara 2 dalam ajang tersebut. SMAK Giovanni tim C keluar sebagai peraih juara CCK Ke-IX Se-NTT dan tim A SMA K Giovanni berhasil menduduki posisi juara 2.

Keberhasilan siswa-siswi dari SMAK Giovanni pada CCK Ke-IX tingkat SMA/MA Se-NTT tahun ini melengkapi tiga gelar juara yang sudah diraih sebelumnya.

Sementara itu, SMAN 2 Waingapu tim A mengamankan juara 3 dan pada posisi juara 4 diraih oleh SMA Syuradikara Ende sebagai pendatang baru dalam ajang tersebut.

Ketua BEM FKIP Undana, Yeter Tetty dalam sambutannya pada acara penutup kegiatan tersebut mengatakan bahwa kampus merupakan kontributor besar bagi dunia pendidikan.

“Mahasiswa kimia telah membuktikan diri sebagai penyedia advokasi jasa mental bagi para siswa-siswi SMA/MA Se-NTT,” beber Yeter.

Lanjutnya, teman-teman di IMASPIKA telah membuktikan bahwa kita menjadi kontributor besar dalam perkembangan ilmu pengetahuan.

Dirinya mengatakan bahwa BEM sebagai organisasi mahasiswa (ormawa) yang mendapat dukungan dana dari kampus belum tentu mampu menggelar kegiatan sebesar CCK. “Keberhasilan kegiatan IMASPIKA menunjukkan bahwa kimia bisa walau tanpa sokong dana sedikitpun dari kampus”, jelasnya.

Hal penting yang disampaikan Yeter bahwa baik tidaknya sebuah kampus tergantung pergerakan mahasiswa di kampus tersebut. “Terima kasih sebesar-besarnya bagi IMASPIKA yang membuktikan bahwa mahasiswa masih punya kekuatan dalam setiap kegiatan yang dilakukan ,” pungkasnya.

Foto bersama para juara lomba Cerdas Cermat Kimia (CCK) ke-IX Se-NTT, yang digelar Ikatan Mahasiswa Pendidikan Kimia (IMASPIKA), Prodi Pendidikan Kimia, FKIP Undana Kupang.

Pada kesempatan yang sama Ketua program studi (Kaprodi) Pendidikan Kimia, Sudirman, S.Pd., M.Pd. mengatakan bahwa seluruh penyelenggaraan CCK dari tahun ke tahun selalu berhasil, karena setiap kepanitiaan memiliki ciri tersendiri.

“Apresiasi untuk karya IMASPIKA yang luar biasa, setiap tahun pelaksanaan CCK semakin baik dan selalu berhasil,” jelas Sudirman.

Menurutnya, pada pembukaan kegiatan tersebut para peserta yang berkompetisi berasal dari semua pulau di NTT. Dan pada babak grand final diwakili oleh 3 pulau yaitu, Timor, Sumba, dan Flores.

“SMAK Giovanni Kupang dari pulau Timor, SMAN 2 Waingapu dari pulau Sumba dan SMA Syuradikara mewakili daratan Flores” ujarnya.

Bercermin pada prestasi yang diraih salah satu alumni dari SMAK Giovanni Kupang yang meraih gelar doktor termuda bidang kimia dan doktor termuda se-Indonesia pada tahun lalu, Sudirman mengatakan bahwa hal tersebut membuktikan bahwa prestasi anak-anak NTT di bidang Kimia sangat baik.

Sudirman menyampaikan proficiat bagi SMAK Giovanni Kupang yang berhasil meraih gelar juara keempatnya. Proficiat juga buat SMAN 2 Waingapu yang berhasil meraih juara 3 di tahun kedua mengikuti lomba CCK.

“Apresiasi buat SMA Syuradikara Ende yang pada penampilan perdananya berhasil menembus babak grand final,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Sudirman mengharapkan kepada seluruh SMA/MA di NTT untuk mempersiapkan diri dengan baik guna menghadapi lomba CCK pada tahun depan.

Dirinya juga menantang para mahasiswa Pendidikan Kimia agar tidak hanya sukses melaksanakan kegiatan saja tapi juga harus mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti berbagai perlombaan dan menunjukkan prestasi mereka. Selain itu juga melakukan persiapan yang matang agar kegiatan IMASPIKA kedepannya lebih baik.

“Kedepan harus melakukan yang lebih baik lagi, dan mahasiswa kimia harus membuktikan diri sebagai mahasiswa berprestasi,” tutup Sudirman.(*)

Penulis (*/Joe Tkikhau)
Editor (+rony banase)