Rekor! SD GMIT Soe I Juara CCM Ke-12, Kalahkan Tim Tangguh SDK Hosana

Loading

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Kalahkan tim tangguh SDK Hosana Kupang, SD GMIT Soe I tim A berhasil keluar sebagai juara I dalam gelaran lomba Cerdas Cermat Matematika XII, tingkat SD Sedaratan Timor, Flores Timur dan Rote Ndao, yang dilaksanakan oleh Kelompok Studi Mahasiswa Matematika (KSMM), pada Sabtu, 28 September 2019.

Baca juga:

http://gardaindonesia.id/2019/09/27/sd-gmit-soe-i-versus-sdk-hosana-kupang-pada-babak-grand-final-ccm-ke-12/

Prestasi tersebut merupakan yang pertama dalam sejarah gelaran CCM dari CCM I sampai CCM XII.

Ketua Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Juliana M. H. Nenohai mengatakan bahwa yang membuat bangga seluruh dosen dan panitia adalah juara sudah berpindah dari kota ke kabupaten.

“Selama ini yang mendominasi juara satu dari CCM I sampai CCM XI itu dari Kota Kupang,” ujar Juliana kepada awak media usai perlombaan.

Juliana juga mengungkapkan bahwa final tahun ini berbeda dari final tahun-tahun sebelumnya di mana tim finalis berasal dari dua sekolah.

Ketua Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Juliana M. H. Nenohai

“Satu hal yang sangat menarik, tim finalis berasal dari dua sekolah saja yaitu SD GMIT Soe I dan SDK Hosana Kupang,” jelasnya.

Dirinya berharap prestasi yang diukir oleh siswa-siswi dari Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) bisa menjadi semangat bagi tim dari Kabupaten lain untuk turut berpartisipasi dan prestasi tersebut bisa ditularkan bagi tim lainnya dari kabupaten.

Sementara itu, Erwina F. Telnoni, S.Pd. mengatakan bahwa prestasi tersebut merupakan hasil dari kerja keras para siswa dan juga bimbingan guru-guru selama kurang lebih 3 bulan. “Kami persiapan dari bulan Juni setelah mendapatkan surat pemberitahuan dari panitia kegiatan,” jelas Erwina.

Lanjutnya, gelar juara tersebut sangat membanggakan karena pertama kali SD GMIT Soe I berpartisipasi dalam lomba CCM dan berhasil mendulang juara I dan juara IV sekaligus.

“Bangga sekali dan ini tentunya mengangkat nama sekolah dan nama Kabupaten TTS juga,” ujarnya.

Erwina Telnoni kembali menegaskan bahwa prestasi yang diraih oleh anak-anak asuhannya menjadi tantangan bagi para guru untuk mempersiapkan kader pengganti agar kedepan tetap berpartisipasi dan bisa mempertahankan gelar juara.

“Kami tidak akan menunggu surat pemberitahuan dari panitia. Sekembali dari sini, kami akan mempersiapkan kader pengganti karena kegiatan ini diadakan rutin setiap tahun. Kami berharap tahun depan bisa berpartisipasi lagi dan mempertahankan gelar juara yang sudah diraih,” tutupnya.

Dirinya menyebutkan bahwa dibandingkan dengan mata pelajaran lain, minat siswa-siswi di SD GMIT Soe I lebih tinggi pada mata pelajaran matematika. “Anak-anak sangat berminat pada pelajaran matematika dan nilai mereka untuk mata pelajaran matematika sangat baik,” tutur guru kelas II itu.

Harlenci Y. Kause, S. Pd, guru pendamping lainnya dari SD GMIT Soe I mengatakan bahwa siswa-siswi yang mengikuti lomba CCM kali merupakan siswa-siswi yang berprestasi di sekolah dan juga di Kabupaten.

“Mereka adalah siswa-siswi yang mendapatkan ranking di kelas sejak kelas I dan mereka juga pernah mewakili NTT untuk Olimpiade Sains Nasional,” jelas Harlenci.

Menurutnya, kegiatan CCM sangat positif karena ada banyak hal baru yang mereka dapatkan seperti permainan-permainan matematika dan juga peragaan alat peraga bagi para peserta. “Ada banyak hal baru yang kami dapatkan dan akan kami terapkan di sekolah dan juga kami bagikan bagi teman-teman lain yang tidak mengikuti kegiatan ini”, ujarnya.

Dirinya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya bagi para mahasiswa pendidikan matematika yang sudah mempersiapkan kegiatan CCM dengan begitu baik dan bisa membagikan banyak hal positif bagi peserta.

“Kami sangat berterima kasih dan kami berharap kedepannya kegiatan ini terus dilakukan serta terus berbenah agar kegiatan ini bisa memberikan lebih banyak manfaat, “ ujarnya.

Pada babak grand final tersebut, SDK Hosana tim A berhasil keluar sebagai juara II, setelah pada akhir lomba mendapatkan skor yang sama dengan SDK Hosana tim B dan berhasil menjawab soal penentu yang diberikan panitia. Sementara SD GMIT Soe I tim C harus puas berada di posisi IV setelah juara III dari SDK Hosana tim C. (*)

Penulis (*/Joe Tkikhau)
Editor (+rony banase)