Dua Pesan Menteri PPPA untuk Daerah Wisata Raja Ampat di Papua Barat

Loading

Raja Ampat, Garda Indonesia | Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise membuka Festival Pesona Bahari Raja Ampat 2019 ‘Exotic Raja Ampat, From Ridge to Reef’, pada Jumat sore, 18 Oktober 2019. Hadir mewakili Menteri Pariwisata, Arief Yahya; pembukaan even tahunan Provinsi Papua Barat ini berpusat di Waisai, Kabupaten Raja Ampat.

“Festival Pesona Bahari Raja Ampat sudah masuk ke dalam Top 100 Calender of Event. Pemerintah pusat dan daerah berusaha agar Raja Ampat lebih maju dan lebih go internasional,” ujar Yohana.

Menteri Yohana mengajak wisatawan yang hadir untuk dapat menyebarluaskan informasi wisata Raja Ampat ke publik. Selain itu, Menteri Yohana juga menitipkan dua pesan yakni pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak kepada Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan dan Bupati Kab. Raja Ampat yang hadir serta masyarakat Kab. Raja Ampat.

“Setiap even yang diselenggarakan harus mempunyai nilai ekonomi, dan masyarakat di sekitarnya harus menerima dampak langsung, termasuk bagi perempuan dan anak. Saya mohon kepada pemerintah daerah untuk memberdayakan kaum perempuan, dalam bidang industri rumahan seperti kuliner dan fashion,” jelas Yohana.

Menteri PPPA, Yohana Yembise membuka Festival Pesona Bahari Raja Ampat 2019 ‘Exotic Raja Ampat, From Ridge to Reef’, pada Jumat sore, 18 Oktober 2019

Potensi kekerasan pada perempuan dan anak dinilai Menteri Yohana cukup besar terjadi di lokasi atau daerah wisata. Menteri Yohana juga mengingatkan agar baik pemerintah daerah dan masyarakat memperhatikan hak anak.

“Anak-anak juga hak-haknya harus diperhatikan dan dijaga. Tolong saya titip, jaga perempuan dan anak-anak di Raja Ampat. Jangan ada kekerasan kepada mereka. Kita jaga Raja Ampat agar menjadi aman dan ramah terhadap perempuan dan anak-anak. Kita jaga kepercayaan para turis kepada masyarakat yang ada di sini,” tambah Yohana.

Usai pembukaan, dilakukan peluncuran Kartu Identitas Anak (KIA) oleh Menteri Yohana bersama Gubernur Papua Barat, Bupati Raja Ampat, dan Direktur Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakhrullah yang diberikan kepada perwakilan dua anak Kab. Raja Ampat. Menteri Yohana pun mengapresiasi peluncuran KIA ini sebagai upaya pemda atas pemenuhan hak anak di Kab. Raja Ampat. (*)

Sumber berita (*/Publikasi dan Media Kementerian PPPA)
Editor (+rony banase)