Menteri PPPA Ajak TP-PKK, Bhayangkari dan Dharma Pertiwi Sinergi Program

Loading

Jakarta, Garda Indonesia | Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga menerima audiensi Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Tri Tito Karnavian, Ketua Umum Bhayangkari Fitri Handari dan Ketua Umum Dharma Pertiwi Nanny Hadi Tjahjanto di Kantor Kementerian PPPA pada Senin sore, 4 November 2019.

Pertemuan tersebut membahas program dan kegiatan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak yang bisa disinergikan dan dilaksanakan bersama antara Kemen PPPA dengan Tim Penggerak PKK, Bhayangkari dan Dharma Pertiwi.

“Ibu Ketua Umum TP-PKK, Bhayangkari, dan Dharma Pertiwi ini kapasitasnya sangat luas dan program-program di bawah naungan mereka sangat berkaitan sekali dengan kegiatan Kemen PPPA. Banyak program yang beririsan dan berkaitan erat dengan pemberdayaan perempuan yang bisa disinergikan,” ujar Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga.

Lebih lanjut, Menteri Bintang menjelaskan luasnya jangkauan TP-PKK, Bhayangkari, dan Dharma Pertiwi dengan ibu-ibu yang ada di seluruh Indonesia dapat menjadi salah satu jalan mengentaskan masalah ekonomi perempuan, kekerasan, pekerja anak, serta merealisasikan program prioritas Kemen PPPA sesuai arahan Presiden RI.

“Kita ingin kerja sama program yang sifatnya jangka panjang maupun kegiatan spesifik terdekat seperti Peringatan Hari Ibu dengan melibatkan ibu-ibu dari TP-PKK, Bhayangkari, dan Dharma Pertiwi agar lebih masif lagi. Kita cari networking, kerja sama dan solusi apa yang bisa kita lakukan bersama dan yang bisa kita lakukan itu ya sinergi,” jelas Menteri Bintang.

Terkait konsep, Menteri Bintang mengaku masih memikirkan dan mematangkan kembali pola atau konsep yang bisa diberlakukan di seluruh Indonesia terkait PHI. “Saya berencana ada konsep terkait pemberdayaan perempuan di bidang kewirausahaan dengan mendorong kolaborasi antara orang tua dan anak dalam pemberdayaan ekonomi yang bisa jadi dibuat kompetisi atau lomba. Masih dikembangkan lagi,” tambah Menteri Bintang.

Apresiasi dan dukungan disampaikan oleh Ketua Umum TP PKK, Ketua Umum Bhayangkari dan Ketua Umum Dharma Pertiwi, Tri Tito Karnavian, Fitri Handari dan Nanny Hadi Tjahjanto dalam pertemuan dengan Menteri Bintang. Mereka banyak memberikan ide dan masukan terkait konsep PHI dan mengaku siap mendukung dan menyukseskan PHI dengan menggerakkan tim yang ada di bawah jajarannya masing-masing. (*)

Sumber berita (*/Publikasi dan Media Kementerian PPPA)
Editor (+rony banase)