Presiden Jokowi Bagi Tips Sederhana Cegah Penyebaran Korona

Loading

Jakarta, Garda Indonesia | Presiden Joko Widodo mengimbau seluruh masyarakat untuk tidak perlu takut secara berlebihan dengan virus korona. Karena berdasarkan data, mereka yang terdampak memiliki tingkat kesembuhan yang sangat tinggi.

“Virus korona dari data yang saya terima, 94 persen lebih penderitanya dapat disembuhkan,” kata Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 5 Maret 2020.

Presiden Jokowi juga berbagi tips untuk mencegah penyebaran virus korona, salah satunya ialah mencuci tangan dengan benar.

“Pertama, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan air yang mengalir dan sabun,” imbuhnya.

Selain mencuci tangan dengan benar, hal lain yang bisa dilakukan antara lain dengan menghindari menyentuh mata, hidung, dan mulut. Hal ini dikarenakan telapak tangan kita sering menyentuh berbagai macam benda dan rentan terkena virus.

Tak hanya itu, kita juga perlu menjaga jarak dengan siapa pun yang batuk atau bersin karena virus korona dapat menyebar melalui tetesan cairan yang keluar saat batuk atau bersin. Berikutnya, berikan masker pada yang sakit agar tidak menular pada yang lain.

“Sebetulnya musuh terbesar kita saat ini adalah bukan virus itu sendiri, tapi rasa cemas, rasa panik, rasa ketakutan, dan berita-berita hoaks serta rumor. Kita sebenarnya harus yakin dengan fakta, informasi, solidaritas bersama, dan gotong royong,” tandasnya.(*)

Sumber berita dan foto (*/BPMI Setpres)