Tangani Covid-19, Dinas Kesehatan NTT Helat ‘On The Job Training’

Loading

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Perhatian dan keseriusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT khususnya Dinas Kesehatan sangat serius dalam penanganan penyebaran Corona Virus Disease (Covid)-19. Karena itu, untuk menyamakan persepsi dan gerak langkah, maka dihelat kegiatan pelatihan kerja lapangan (on the job training).

“Akan dilakukan kegiatan on the job training yang dilaksanakan di Rumah Sakit Prof. W Z Yohannes Kupang pada 27—28 Maret 2020,” ucap Kadis Kesehatan Provinsi NTT, Dr. drg. Dominikus Minggu Mere, M.Kes kepada awak media di pelataran Kantor Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Jalan Palapa Kota Kupang, pada Kamis, 26 Maret 2020.

Menurut dia, on the job training akan diikuti oleh seluruh kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se NTT, Direktur Rumah Sakit Kabupaten/Kota, dokter spesialis paru dan dokter spesialis penyakit dalam, petugas laboratorium, dan perwakilan perawat. “Kita berharap sekembalinya mereka dari kegiatan ini diharapkan tidak ada lagi keraguan dalam penatalaksanaan pasien Covid-19,” kata mantan Dirut rumah sakit Prof. W Z Yohannes Kupang.

Kegiatan on the job training sebut dokter Domi, akan diawali pengarahan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL). “Arahan Bapak Gubernur pada pukul 08.00 WITA dari ruangan Bapak Gubernur; karena Bapak Gubernur tidak bertemu langsung dengan peserta kegiatan,” jelas dokter Domi sembari menambahkan bahwa syarat-syarat yang namanya physical distancing dan social distancing sebisa mungkin dipenuhi yang sesuai dengan protap-protap yang ada, baik dari WHO maupun dari Kementerian Kesehatan RI.

Dijelaskannya, maksud dan tujuan dari kegiatan on the job training ini adalah untuk mengurangi kesimpangsiuran informasi dalam penatalaksanaan penanganan Covid-19 dan dilaksanakan simulasi penanganan pasien. (*)

Sumber berita (*/Valeri Guru/Kasubag Pers dan Pengelolaan Pendapat Umum Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT)
Editor dan foto (+rony banase)