Aksi Peduli Petugas Medis Hadapi Covid-19 ala Rotary Club Kupang Central

Loading

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Fenomena kelangkaan dan kebutuhan mendesak akan Alat Pelindung Diri (APD) di setiap fasilitas kesehatan, puskesmas, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD, maupun Rumah Sakit Swasta; mendorong Organisasi Sosial Kemanusiaan, Rotary Club D3420, Rotary Club Kupang Central, yang merupakan klub sosial dan kemanusiaan; untuk membuat ratusan Alat Pelindung Diri (APD) Face Shield.

Prakarsa Rotary Club Kupang Central dan Rotary D3420 membuat Alat Pelindung Diri (APD) Face Shield sebagai upaya mendukung Program Tanggap Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) yang melanda seluruh belahan dunia termasuk di Provinsi Nusa Tenggara (NTT). Demikian penjelasan Presiden Club Rotary Kupang Central, Ratna Pongkapadang kepada media ini pada Jumat, 17 April 2020.

Sampel Face Shield yang diproduksi sendiri oleh Rotary Club Kupang Central

Face Shield yang dibikin oleh Rotary Kupang Central, ujar Ratna, diproduksi sendiri secara manual oleh para rotarian (anggota Rotary, red) yang selanjutnya diserahkan kepada belasan Rumah Sakit dan Puskesmas di Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan (TTS) dan di daratan Pulau Flores yakni Larantuka, Maumere, Ende, dan Labuhan Bajo.

Selain oleh Rotarian, ungkap Ratna, Pembuatan Face Shield ini dapat terlaksana karena bantuan dari anak-anak muda Rotaract (Rotary in Action) yang merupakan club anak muda yang dibina dan disponsori oleh Rotary, di mana anak-anak muda Rotaract, siang malam berjibaku membuat Face Shield.

“Bantuan APD Face Shield ini merupakan bentuk kepedulian dari Rotary Club akan keselamatan para medis yang berjuang di garda depan dalam melawan Covid-19,” ujar Ratna sembari menyampaikan bahwa bantuan Face Shield akan terus disalurkan ke berbagai tempat yang membutuhkan dan  untuk pengiriman ke luar pulau masih menunggu transportasi kapal.

Presiden Rotary Club Kupang Central, Ratna Pongkapadang (tengah) saat menyerahkan bantuan Face Shield kepada penanggung jawab RSUD Naibonat di Kabupaten Kupang

“Rotary berharap agar bantuan APD berupa Face Shield ini dapat berguna untuk para medis untuk tetap sehat dalam menjalankan tugasnya melawan Covid-19,” tandas Presiden Club Kupang Central ini menimpali, selain Face Shield, Rotary juga memberikan bantuan tambahan berupa masker dan vitamin.

Ada pun Rumah Sakit yang telah menerima bantuan Face Shield dari Rotary di wilayah Kota dan Kabupaten Kupang antara lain RSUD Prof Dr. W.Z. Yohannes Kupang, RSUD SK Lerik, RST Wirasakti, RS Titus Uly (Bhayangkara), RSJ Naimata, Puskesmas Bakunase, dan RSUD Naibonat. Di daratan Timor yakni di RSUD Soe, Puskesmas Kota Soe, dan Puskesmas Kuanfatu di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS); Puskesmas Siso dan Puskesmas Noebeba di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), sedangkan di wilayah Flores, APD Face Shield dari Rotary diserahkan kepada RSUD Ende, RSUD Maumere, RSUD Larantuka, Puskesmas Oka Larantuka, dan RSUD Komodo Labuan Bajo.(*)

Sumber berita dan foto (*/rilis Rotary Club Kupang Central)
Editor (+rony banase)