Bencana Longsor di Bogor Telan Satu Korban Jiwa dan Empat Luka-luka

Loading

Bogor, Garda Indonesia | Satu warga dilaporkan meninggal dunia dalam peristiwa bencana alam tanah longsor yang terjadi di Desa Wangunjaya, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Rabu, 13 Mei 20220.

Menurut laporan yang disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, satu warga tersebut diduga tertimbun material longsoran setinggi empat meter dan belum ditemukan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati menyebutkan bencana alam yang dipicu oleh intensitas hujan tinggi dan kontur tanah yang labil juga menyebabkan empat warga mengalami luka-luka. Mereka sudah mendapatkan penanganan medis.

“Bencana tersebut mengakibatkan rumah milik 14 Kepala Keluarga (KK) dan 51 jiwa rusak berat, 1 majelis jami terancam dan 2 unit fasilitas Mandi Cuci Kakus (MCK) juga rusak berat,” ungkap Raditya sembari menambahkan sebanyak 69 KK/242 jiwa terpaksa mengungsi ke lokasi yang lebih aman.

Hingga siaran pers ini diturunkan, Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Bogor dibantu Dinas PUPR Kab bogor, Babinsa, Aparat desa setempat, Linmas desa, Satpol PP, Babinmas dan masyarakat setempat telah melakukan upaya lebih lanjut untuk pendataan dan evakuasi korban.

Selain itu, imbuh Raditya Jati, pihak desa dan masyarakat setempat juga membangun Posko Darurat,Dapur umum, dan Posko Kesehatan. Sementara itu, para warga terdampak membutuhkan kebutuhan dasar berupa logistik tanggap darurat.(*)

Sumber berita dan foto (*/Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB)
Editor (+rony banase)