234 Kelompok Penerima Manfaat di Belu Terima BLT Dana Desa

Loading

Belu- NTT, Garda Indonesia | Sebanyak 234 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di 11 dusun selaku Kelompok Penerima Manfaat (KPM) menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) di Desa Bakustulama, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT), pada Rabu 20 Mei 2020.

Pantauan Garda Indonesia, pembagian BLT itu didahului dengan penyerahan secara simbolis kepada sejumlah warga PKM di Dusun Asora oleh Kepala Desa Bakustulama, Raymundus Berek di Ruang Aula Kantor Desa.

“Pembayaran pagi ini dilakukan secara simbolis saja kepada warga di dusun terdekat Asora. Selanjutnya, Tim Relawan Covid-19 akan menyebar ke setiap dusun lainnya untuk menyerahkan dari rumah ke rumah. Setiap KK kita berikan Rp.600.000, sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” jelas Roy Berek, demikian sapaan karibnya.

Total pembayaran tahap I menurut Berek, sebesar Rp. 140.400.000 (Seratus empat puluh juta empat ratus ribu rupiah). “Kita lakukan pembayaran kepada semua KPM dari rumah ke rumah untuk menghindari kerumunan sebagaimana diamanatkan protokol Covid-19, dan dipastikan tuntas hari ini, dengan tidak memotong sepeser pun. ” terangnya.

Kepala Desa Bakustulama, Raymundus Berek (kedua dari kanan) bersama perwakilan PMD Kabupaten Belu saat penyerahan BLT Dana Desa di Ruang Aula Kantor Desa

Kepala desa dalam arahannya, mengajak semua warga KPM guna menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah mengeluarkan kebijakan baik berupa BLT kepada semua warga negara yang terdampak Covid-19.

“Selain memberikan perhatian dari segi kesehatan, pemerintah juga membantu masyarakat dari segi ekonomi. Karena itu, patut untuk kita berikan apresiasi tinggi kepada pemerintah pusat atas kepedulian berharga ini. Saya berharap, uang yang sudah diterima, bisa dipergunakan sebaik- baiknya untuk memenuhi kebutuhan dalam rumah tangga selama masa Pandemi Covid-19,” tandasnya.

Perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Belu, Ferdinandus Manek menuturkan, pihaknya hadir untuk mengecek penyaluran dana BLT, agar benar- benar tepat manfaat.

Senada, Ferdi Manek menghimbau kepada semua penerima BLT- DD agar bantuan dana yang diterima itu, bisa dipergunakan secara baik untuk memenuhi kebutuhan pokok dalam rumah tangga. Apabila terdapat kekurangan atau pun kekeliruan dalam realisasi pembayaran BLT- DD, Manek meminta kepada warga KPM untuk segera melaporkan kepada ketua RT/RW setempat, sekdes dan kepala desa untuk segera diselesaikan demi menghindari salah paham.

“Uang ini digunakan untuk kebutuhan pokok. Kalau ada yang pakai beli hp baru, maka tahap berikutnya layak diberi tanda merah,” tegasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekcam Kecamatan Tasifeto Barat Domingos Soares, Babhinkamtibmas Desa Bakustulama Yandri Manu dan para pendamping Dana Desa Bakustulama.(*)

Penulis : (*/HH)
Editor : (+ rony banase)