Tak Sekadar Berbagi, ‘Warung Kaget Ramah Keluarga’ KPRK Bali Juga Lakukan Edukasi

Loading

Denpasar, Garda Indonesia | Aksi berbagi bahan makanan yang diinisiasi oleh Koperasi Perempuan Ramah Keluarga (KPRK) ini bertajuk “Warung Kaget Ramah Keluarga, Mengurangi Membagi, KPRK Move On Pandemi Covid-19.” sebagai bentuk kepedulian dan keprihatinan terhadap para keluarga yang terdampak langsung Covid-19 di Provinsi Bali.

Demikian penyampaian Ketua KPRK Dr. A. A. A. Ngurah Tini Rusmini Gorda kepada Garda Indonesia pada Sabtu, 16 Mei 2020. Konsep berbagi yang diterapkan oleh KPRK, imbuh Gung Tini Gorda (sapaan akrabnya, red) untuk menginspirasi banyak pihak untuk melakukan hal yang sama yakni mengurangi sedikit perilaku hidup konsumtif dan menyisihkan anggaran konsumsi harian untuk membantu menyediakan dan membagikan bahan pangan kepada warga sekitar yang terdampak langsung Covid-19.

“Mengurangi Membagi” ini dilakukan dengan mengurangi setengah dari yang kita makan untuk kita belikan kebutuhan pokok sehari-hari bagi yang memerlukan. “Saat menggelar Warung Kaget Ramah Keluarga, kami membatasi hanya 25 orang sesuai protokol kesehatan Covid-19,” jelas Gung Tini Gorda.

Dr. Gung Tini Gorda

Selain itu, terangnya, Warung Kaget Ramah Keluarga juga memberikan edukasi bagaimana memilah dan memilih jenis bahan mentah kebutuhan rumah tangga. “Tak hanya sekadar membagi sembako, namun kami menyuguhkan sembako seperti di pasar untuk mengajarkan mereka cara berbelanja yang efisien,” ucap Gung Tini.

Kebutuhan pokok sehari-hari gizi seimbang yang akan dibagi KPRK adalah masih mentah, dengan tujuan memberikan pembelajaran bahwa semua ada proses. Seperti bantuan dari anggota KPRK yang dilaksanakan di daerah Pemogan Denpasar pada 16 Mei 2020 dan di Kabupaten Bangli pada 17 Mei 2020. Sebelumnya juga digelar di daerah Panjer pada 7 Mei 2020.

Warung Kaget Ramah Keluarga, Mengurangi Membagi, KPRK Move On Pandemi Covid-19 bagi warga Jimbaran Kabupaten Badung, Provinsi Bali

“Tidak ada yang instan di dunia ini,” tegas Gung Tini yang juga menjabat sebagai Ketua IWAPI Provinsi Bali seraya menyampaikan jenis bantuan adalah bahan makanan dengan gizi seimbang yakni beras 2 kilogram, telur, tahu, tempe, berbagai jenis sayur, hingga minyak goreng dan bumbu dapur.

Jenis bahan mentah kebutuhan rumah tangga yang disiapkan oleh Warung Kaget Ramah Keluarga KPRK Provinsi Bali

Gung Tini juga terlibat aktif dalam Forkomwil PUSPA Bali ini menambahkan bahwa aksi “Warung Kaget Ramah Keluarga, Mengurangi Membagi, KPRK Move On Pandemi Covid-19” ini juga sudah dilakukan anggota KPRK di sekitar tempat tinggal masing-masing.

Bagi masyarakat Bali yang ikut dalam aksi “Mengurangi Membagi” bersama KPRK ini bisa dengan transfer dana ke rekening Koperasi Perempuan Ramah Keluarga Nomor 0100114000278 (Bank BPD) atau bisa langsung berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 di tingkat desa.

“Mari Bahagiakan Diri dan Orang Lain dalam Satu Kegiatan Mengurangi Membagi,” pinta Gung Tini Gorda yang juga menjabat Direktur Eksekutif GTS (Good-Trustworthy-Smart) Institute Bali dan Kepala Pusat Studi Undiknas (PSU) ini. (*)

Penulis dan editor (+rony banase)
Foto (*/istimewa)