Kunker ke Mabar, Gubernur VBL Pinta Kelola Pantai Pede Berbasis Ekologis

Loading

Mabar-NTT, Garda Indonesia | Dalam rangkaian kunjungan kerja Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) selama sepekan di Daratan Flores, Ia meminta agar tanah milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT dikelola berbasis lingkungan atau ekologis.

“Silakan bangun hotel dan area publik yang bisa diakses publik dengan berbasis ekologis,” tandas Gubernur VBL di depan Kepala Badan Aset Provinsi NTT, Dr. Sony Libing, M.Si. dan para pejabat lingkup Pemprov NTT dan Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), pada Senin, 22 Juni 2020.

Menurut Gubernur VBL, jika dalam proses pembangunan ditemukan ada pohon maka pohon tersebut tidak boleh ditebang. “Bangunan harus sesuaikan dengan lingkungan,” ujarnya.

Gubernur berharap agar bangunan yang ada di bibir pantai Pede harus bagus dan representatif. “Bangun yang bagus. Jangan seperti ini,” tegasnya sambil menunjuk bangunan yang ada di samping Hotel Laprima.

“Jangan sampai Hotel Laprima lebih bagus dari hotelnya Pemprov,” pinta Gubernur VBL.

Gubernur juga meminta pihak konsultan untuk mendesain bangunan Pemprov NTT meski biaya mahal. “Desain tempat ini dengan bagus. Biaya mahal tak masalah. Pokoknya harus bagus dan ketika semua orang datang ke tempat ini dia rasa nyaman,” tandasnya sembari berharap agar pembangunan pariwisata harus berbasis masyarakat.

Usai melihat kondisi aset di Pantai Pede, Gubernur VBL dan rombongan bertolak ke Pulau Padar dengan speed boat. Jarak tempuh diperkirakan sekitar satu jam. Dari Pulau Padar Gubernur VBL menuju Pelataran Hotel Komodo.(*/rb)

Sumber berita dan foto (*/Valeri Guru/Kasubag Pers dan Pengelolaan Pendapat Umum Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT)