Agus Taolin–Alo Haleserens Lawati Makam Ayahnya, Theo Manek: Saya Salut

Loading

Belu-NTT, Garda Indonesia | “Saya salut bahwa kekompakan, kekuatan, kebersamaan dalam tatanan adat Natar Hat masih sangat kuat. Ketika kita memberikan restu kepada kedua kandidat ini, kita berharap leluhur juga bisa memberikan dukungan secara alamiah,” sibak Mane Kwaik (putra sulung) Theodorus Seran Tefa (dalam tatanan rumpun empat kerajaan Oan Natar Hat, Oan Lalu’an Hat), kepada wartawan di Fatunres, Desa Rafae, Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu pada Senin, 29 Juni 2020.

Baca juga : http://gardaindonesia.id/2020/06/29/mohon-restu-leluhur-paket-agus-taolin-alo-hal-ziarah-di-pusara-raja-mandeu/

Dalam acara ritual adat ‘Kaba’ (semacam mohon restu dari para leluhur) yang dilakukan tua-tua adat terhadap pasangan bakal calon Bupati Belu, Agustinus Taolin dan bakal calon wakil bupati Belu Aloysius Haleserens itu, Theo Manek, demikian sapaan akrabnya bertindak selaku ketua sekaligus tokoh adat dalam tataran Oan Natar Hat Oan Lalu’an Hat.

Selaku kakak sulung yang mengatasi tiga kerajaan lainnya dalam rumpun keluarga Oan Natar Hat Oan Laluan Hat, Theo Manek menyampaikan terima kasih kepada paket AT- AHS. “Terima kasih kepada pak dokter Agus Taolin dan pak Alo Haleserens yang hari ini secara pribadi mengunjungi makam orang tua saya untuk minta restu dari leluhur menjelang pilkada 2020,” ketus ketua komisi B DPRD Belu itu.

Anggota DPRD dua periode itu mengatakan bahwa ritual adatnya sudah dilakukan sesuai dengan prosedur yang benar, yang mana bertujuan untuk menghimpun Oan Natar Hat Oan Lalu’an Hat secara keseluruhan (Mandeu, Naitimu, Lidak dan Jenilu) dalam rangka memberi dukungan kepada paket AT- AHS yang mengusung tema perubahan dengan tagline SEHATI . “Hari ini saya bertindak sebagai tokoh adat, dan tidak bertindak sebagai orang partai karena partai memiliki mekanisme tersendiri,” tegas kader Fraksi Golkar tersebut. (*)

Penulis + foto (*/HH)
Editor (+ rony banase)