Sokong Gerakan Kupang Hijau, Wali Kota Kupang & Plt Dirut Bank NTT Helat Rapat

Loading

Kota Kupang, Garda Indonesia | Guna mempersiapkan Gerakan Kupang Hijau (GHK) melalui aksi tanam pohon dan gowes atau bersepeda bersama pada 11 Juli 2020, maka Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore menghelat rapat persiapan pelaksanaan GKH, pada Rabu, 1 Juli 2020 di Rumah Jabatan Walikota Kupang.

Dalam arahannya, Wali Kota Jefri menyampaikan bahwa GKH merupakan salah satu wujud misi Kupang Hijau Pemerintah Kota Kupang yang telah dicanangkan sejak 16 November 2019, “Pemerintah Kota Kupang akan terus berfokus dalam pelestarian lingkungan perkotaan, selain bertujuan untuk mempercantik wajah kota ini, gerakan ini juga bermanfaat jangka panjang karena dengan menanam pohon akan berdampak pada peningkatan jumlah dan kualitas debit air tanah dan untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kota Kupang,” ujarnya.

Rapat selanjutnya dipimpin oleh Plt. Dirut Bank NTT selaku Ketua Gerakan Kupang Hijau (GKH), Harry Alexander Riwu Kaho dengan agenda persiapan pelaksanaan aksi tanam pohon dan bersepeda bersama dalam rangka Gerakan Kupang Hijau (GKH).

Ia menyampaikan bahwa pesatnya pembangunan khususnya di wilayah perkotaan berdampak buruk pada kondisi lingkungan terutama kualitas udara dan air yang sangat penting bagi kehidupan umat manusia. Hal tersebut juga terjadi di wilayah Kota Kupang, di mana pembangunannya juga mengalami pertumbuhan pesat sehingga dikhawatirkan mengurangi cakupan wilayah hutan kota,

“Wilayah pembangunan yang bertambah luas dikhawatirkan berdampak jangka panjang bagi lingkungan, oleh karena itu perlu upaya pelestarian jangka panjang. Inilah yang mendasari pelaksanaan Gerakan Kupang Hijau melalui aksi tanam pohon dan gowes atau bersepeda bersama pada 11 Juli 2020 yang akan kita mantapkan bersama dalam rapat ini,” ujar Alex Riwu Kaho.

Menurut rencana, acara akan dimulai dengan kegiatan gowes atau bersepeda bersama pada pagi hari tepat pukul 5.30 WITA dari pelataran Bank Indonesia Perwakilan NTT, Jalan El Tari hingga ke lokasi penanaman pohon yang telah disiapkan di Jembatan Petuk II, Jalur 40, Kelurahan Naimata. Rencananya sebanyak 300—400 pohon sepe, trembesi dan ketapang kencana berdiameter minimal 20 sentimeter akan ditanam dalam kegiatan ini, dan akan mengundang beberapa lembaga jasa keluangan yang tergabung dalam Forum Komunikasi Lembaga Jasa Keuangan Nusa Tenggara Timur (FKLJK NTT) serta para pengusaha di Kota Kupang yang telah bersedia mendukung dan berpartisipasi pada kegiatan tersebut.

Alex Riwu Kaho mengungkapkan sebanyak 50 mitra telah menyatakan siap untuk mendukung dan berpartisipasi pada kegiatan GKH ini sesuai proposal yang ditawarkan oleh timnya. Sementara itu, beberapa persiapan yang telah dilakukan yaitu penggalian lubang tanam telah mencapai 150 lubang hingga Rabu, 1 Juli 2020 dan akan terus berlanjut sebelum pelaksanaan kegiatan, lubang tanam sudah siap.

Ia juga menyampaikan terima kasih atas bantuan Dinas PUPR Kota Kupang yang telah membantu pekerjaan penggalian lubang tanam tersebut. Dirinya mengatakan bahwa aksi tanam pohon juga akan dirangkai dengan kegiatan-kegiatan dalam rangka HUT ke-58 Bank NTT dan HUT Bank Indonesia pada 1 Juli 2020.

Rapat juga dihadiri jajaran Pemerintah Kota Kupang, antara lain Kadis PUPR, Kadis Kesehatan, Kadis PMPTSP, Dirut RS S. K. Lerik, Kadis LHK, Kadis Pariwisata, Kadis Perhubungan, Plt. Kasat Polisi Pamong Praja, Kabag Prokompim, Kabag Umum, Kasubbag dari Bagian Tata Pemerintahan, Camat Kota Raja, Camat Maulafa, Lurah Maulafa dan Lurah Fatubesi. (*)

Sumber berita dan foto (*/PKP_jms)
Editor (+rony banase)