14 dari 1.280 Secapa AD Negatif Covid-19, 296 Tunggu Hasil Swab Kedua

Loading

Bandung, Garda Indonesia | Sebanyak 1.280 anggota, staf dan keluarga Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) positif Covid-19. Saat ini, 17 orang masih dirawat di Rumah Sakit Dustira Cimahi, sedangkan sisanya diisolasi di Markas Komando Secapa AD.

Baca juga : http://gardaindonesia.id/2020/07/12/ratusan-ikan-kakap-putih-ambon-penuhi-gizi-secapa-tni-pasien-covid-19/

Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, mengungkapkan bermula yang dirawat di Rumah Sakit sebanyak 30 orang. “Total di rumah sakit ada 30 pada saat itu. Tetapi, semua masuk kategori ringan, tidak ada kategori sedang apalagi berat,” ujarnya saat Konferensi Pers di Kodam III/Siliwangi, Jalan Aceh No. 69 Kota Bandung, Jawa Barat, pada Sabtu, 11 Juli 2020.

Untuk hari ini, imbuh Andika, masih 17 orang yang dirawat di Rumah Sakit Dustira dan selebihnya masih ada di Secapa, sedangkan dari 17 yang dirawat, satu di antaranya sudah dinyatakan negatif. Namun, masih harus dirawat di Rumah Sakit Dustira Cimahi, karena mereka memiliki riwayat penyakit bawaan.

“Dari 17, satu sudah negatif dan 16 masih dinyatakan positif, semuanya tidak merasakan gejala apa pun juga dan satu yang negatif masih di sana karena masalah TBC paru-paru,” jelas KASAD.

Usai konferensi pers di Kodam III/Slw, Jenderal TNI Andika Perkasa langsung bertolak ke Secapa AD. Jenderal TNI Andika Perkasa langsung berkomunikasi dengan tiga orang anggota di lapangan dengan menggunakan sarana pengeras suara. Dari ke 3 anggota tersebut, menyatakan baik-baik saja. “Sisanya yang masih di Secapa AD, saya tanya satu persatu, saya ambil tiga random (anggota) tidak ada koordinasi sama sekali, misalnya pengkondisian tidak ada. Saya tanya apa yang dirasakan? Yang dirasakan sama sekali tidak ada, itu situasi yang sekarang,” ungkapnya.

Selain itu, Jenderal TNI Andika Perkasa juga menyampaikan kabar gembira. Anggota yang melakukan isolasi di Secapa AD dan melakukan swab tes kedua ada yang sudah dinyatakan negatif. “Itu situasi yang sekarang, kemudian selanjutnya sejak Selasa kemarin sudah dilakukan swab tes kedua, swab untuk tes PCR. Dari Swab kedua yang sudah keluar hasilnya ada 14 dinyatakan menjadi negatif, ada 296 kita masih menunggu hasil dari pemeriksaan lab PCR,” terangnya.

“Kita akan tuntaskan Swab sampai kita dapat, sedangkan yang sudah negatif sudah kita pisahkan dari yang positif, di tempat berbeda tapi masih di Secapa AD dan kita sudah siapkan (tempat berbeda untuk yang sembuh) apabila hasil dari 296 itu ada yang negatif,” tukas KASAD, Jenderal TNI Andika Perkasa.(*)

Sumber berita dan foto (*/Dispenad)
Editor (+rony banase)