Refleksi Tiga Tahun Kepemimpinan Jefri – Herman di Kota Kupang

Loading

Kota Kupang, Garda Indonesia | Doktor Jefri Riwu Kore dan dokter Herman Man merayakan 3 (tiga) tahun kepemimpinan mereka dengan konsep yang berbeda. Berlangsung di lapangan upacara Kantor Wali Kota Kupang pada Sabtu malam, 22 Agustus 2020; dikemas dalam konsep kreatif yakni drive in concert.

Selain merupakan inovasi baru di dunia ekonomi kreatif, konsep ini sejalan dengan protokol kesehatan yang berlaku dalam mencegah penyebarluasan wabah Covid-19. Warga yang datang ke acara ini membawa mobil masing-masing dan menyaksikan seluruh rangkaian acara dari dalam mobil yang terparkir rapi di lapangan tersebut. Perayaan HUT ke-3 Firmanmu dengan konsep drive in di Kota Kupang ini menjadi yang ketiga di Indonesia dan yang ketujuh di wilayah Asia Tenggara.

Selebrasi 3 Tahun Kepemimpinan Doktor Jefri dan Dokter Herman Man dengan konsep Drive In Concert

Wali Kota Kupang, Doktor Jefri Riwu Kore mengapresiasi konsep drive in ini sebagai kreativitas kaum muda yang sesuai dengan protokol pencegahan Covid-19. Senada, disampaikan oleh Wakil Wali Kota Kupang, dokter Herman Man; menurutnya konsep ini merupakan teknologi milenial yang mencegah timbulnya klaster baru.

Saat didaulat untuk memberikan sambutan, pasangan pemimpin Kota Kupang ini saling bergantian memaparkan apa yang sudah mereka laksanakan selama tiga tahun terakhir dan apa yang akan dilakukan pada dua tahun mendatang.

Menurut keduanya ada tiga aspek yang menjadi fokus sejak awal masa kepemimpinan mereka yang menjadi landasan dalam membangun kota ini, yakni pembangunan infrastruktur, pelayanan publik serta pemberdayaan masyarakat termasuk di dalamnya pemberdayaan ekonomi.

Wali Kota Jefri mengakui selama tiga tahun ini mereka telah berjuang sungguh-sungguh menata Kota Kupang menjadi lebih baik. Salah satunya dibuktikan dengan kondisi Kota Kupang saat ini yang jauh lebih terang benderang karena lampu jalan dan taman-taman kota yang tertata baik dengan tampilan yang lebih modern. Demikian pula dengan pembangunan trotoar dan drainase. Selain pembangunan infrastruktur yang mengalami perubahan luar biasa, menurutnya salah satu kunci keberhasilan kepemimpinan Firmanmu ada pada pelayanan publik yang jauh lebih baik terutama di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) lewat gebrakan pelayanan 24 jam serta di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu dengan layanan perizinan yang lebih cepat dan mudah.

Selebrasi 3 Tahun Kepemimpinan FirmanMu

Sementara mengenai pemberdayaan masyarakat, mereka menyadari masih banyak warga Kota Kupang yang butuh uluran tangan dari pemerintah. Karena itu sejumlah program bantuan dari dana APBD telah dirancang mulai dari beasiswa, bantuan seragam, alat tulis dan tas, bantuan kaca mata, bedah rumah serta sejumlah bantuan lainnya.

Jefri dan Herman menyadari keberhasilan mereka saat ini juga berkat dukungan dari banyak pihak. Karena itu pada momen HUT tersebut mereka menyampaikan terima kasih kepada Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan DPRD Kota Kupang yang telah berperan sebagai mitra yang selalu memberi dukungan secara positif. Terima kasih juga mereka sampaikan kepada tim percepatan pembangunan Kota Kupang, yang salah satu anggotanya adalah Wali Kota Kupang periode 2007—2012, Drs. Daniel Adoe yang turut hadir dalam perayaan puncak HUT ke-3 Firmanmu.

Wali Kota dan Wakil Wali Kota juga menyampaikan terima kasih kepada para tokoh agama, tokoh masyarakat serta seluruh masyarakat Kota Kupang yang telah mendoakan serta mendukung semua upaya mereka membangun kota ini. Mereka berharap dukungan tersebut bisa terus dijaga untuk menyukseskan sejumlah program prioritas di sisa masa kepemimpinan mereka.

Tak lupa pada momen spesial tersebut, Jefri – Herman juga berterima kasih kepada seluruh ASN lingkup Kota Kupang yang telah bersama mereka berjuang mewujudkan Kota Kupang yang lebih baik. Salah satunya dibuktikan dengan pencapaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Kupang Tahun 2019. Menurutnya ini merupakan buah dari kerja yang sungguh-sungguh dari para ASN di Pemkot Kupang.

Tentang rencana di dua tahun masa kepemimpinan mereka yang tersisa, Doktor Jefri menuturkan beberapa hal akan menjadi perhatian mereka. Di antaranya adalah upaya menghijaukan Kota Kupang. untuk itu dia mengajak seluruh lapisan masyarakat termasuk para tokoh agama untuk mendukung Pemkot Kupang dalam program Kupang Hijau. Hal lain yang jadi perhatian serius mereka di dua tahun tersisa adalah soal pemenuhan air bersih. Untuk urusan ini Pemkot Kupang mendapat dukungan dana yang cukup besar dari pemerintah pusat dan dalam waktu dekat pekerjaan itu akan dimulai. Selain air bersih, menurutnya, berkat lobi dan komunikasi baik yang selama ini terjalin, pemerintah pusat juga telah menggelontorkan sejumlah dana untuk penataan trotoar dan drainase, lampu jalan serta taman. Bahkan menurutnya jika data-data tersedia, pemerintah pusat bersedia membantu 33 ribu warga kurang mampu yang ada di Kota Kupang.

Penyerahan hadiah lomba 3 Tahun Kepemimpinan FirmanMu

Dokter Herman Man menambahkan di sisa dua tahun kepemimpinan, mereka akan mendorong perangkat daerah di lingkup Kota Kupang untuk bekerja lebih cepat (faster), bermutu (better) dan lebih hemat biaya (cheaper) tentunya sesuai dengan peraturan yang berlaku. Mereka berdua mengaku tidak tertutup terhadap kritik dan saran. “Justru kritikan dan masukan memicu kami untuk terus berubah menjadi lebih baik,” pungkas keduanya.

Pada momen puncak HUT ke-3 Firmanmu itu, Wali Kota juga berkesempatan menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Kupang dan Stikom Uyelindo Kupang dan meluncurkan aplikasi pendaftaran di puskesmas secara online serta menandatangani secara simbolis prasasti untuk 17 taman di Kota Kupang.

Selain itu, juga dilakukan penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba dalam rangka memeriahkan HUT ke-3 Firmanmu, antara lain lomba jurnalistik, lomba video dokumenter serta lomba tik tok. Di kesempatan yang sama Ketua TP PKK Kota Kupang, Hilda Riwu Kore Manafe juga berkesempatan menyerahkan hadiah dan piala bagi juara lomba karang taruna.

Turut hadir pada acara tersebut pimpinan DPRD Kota Kupang, Forkopimda Kota Kupang, Sekda Kota Kupang bersama Ketua Dharma Wanita Kota Kupang, para Asisten Sekda, pimpinan perangkat daerah, para camat dan lurah serta sejumlah ASN lingkup Pemkot Kupang. (*)

Sumber berita dan foto (*/PKP_ans)
Editor (+rony banase)