‘Outbound’ Biro Umum di Semau, George Hadjo : Karakter Tentukan Kualitas Kerja

Loading

Semau, Garda Indonesia | Pada tanggal 10—11 Oktober 2020, bertempat di Pantai Otan, Kecamatan Semau Selatan, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT); seluruh staf Biro Umum Setda Pemprov NTT mengikuti Outbound dan Character Building. Selama 2 (dua) hari berada di sana, selain memperoleh materi berupa komunikasi efektif dan karakter ASN, juga dilakukan kegiatan pembersihan pantai yang melibatkan seluruh ASN Biro Umum, Mahasiswa PKL dan Sekolah Keberbakatan Olahraga (para atlit Kempo) berjumlah lebih kurang 400 orang yang dipimpin langsung oleh Plt. Kepala Biro Umum George M. Hadjoh.

Materi berupa komunikasi efektif dibawakan oleh Claudia Novela, lulusan Universitas Petra Surabaya yang menekankan tentang pentingnya komunikasi dalam bekerja, percaya diri dan mengedepankan etika dan perlunya memperhatikan volume, kecepatan berbicara dan juga intonasi.

Pdt. Johny Kilapong saat membawa materi tentang karakter ASN yang mampu menghadirkan Kuasa Allah

Sementara mengenai karakter ASN dibawakan oleh Pdt. Johny Kilapong, lebih menekankan kepada karakter ASN yang mampu menghadirkan kuasa Allah dalam setiap pekerjaannya. Menurut Ketua Yayasan Generasi Unggul tersebut, setiap manusia tidak akan bisa sukses dengan cara biasa, harus dengan kerja keras dan mengandalkan Tuhan dalam setiap pekerjaan. Sebelum mengakhiri materinya, Pendeta Johny mengingatkan agar setiap orang harus memiliki 4S dalam hidupnya, yakni Sadar Tuhan, Sadar Manusia, Sadar Hidup dan Sadar Tanggung Jawab.

Usai mendengarkan materi dari kedua narasumber, dilanjutkan dengan kegiatan berupa games, api unggun dan renungan malam.

Plt. Kepala Biro Umum Setda Provinsi NTT, George M. Hadjoh mengatakan bahwa setiap staf pada Biro Umum Setda Provinsi NTT harus memiliki karakter yang kuat dalam dirinya, agar di dalam bekerja, mereka mampu menghasilkan produk-produk yang berkualitas untuk kemajuan Provinsi NTT.

Pembersihan Pantai Otan oleh ASN Biro Umum Setda Provinsi NTT, Mahasiswa PKL dan atlit Kempo

George berharap ada perubahan sikap, perilaku, tutur kata dan juga pola pikir dari setiap staf di Biro Umum. “Harus ada perubahan setiap minggunya,” ujar George.

Menurutnya, hal tersebut sangat penting dilakukan agar setiap ASN lingkup Pemerintah Provinsi NTT umumnya dan Biro Umum khususnya mampu menerjemahkan setiap ide dan gerak cepat Gubernur dan Wakil Gubernur NTT saat ini.

George mengungkapkan, dengan ide cemerlang yang datang dari kedua pemimpin saat ini, harus mampu diimplementasikan dalam pekerjaan sehari- hari. “Dengan karakter yang kuat sudah pasti kita mampu bekerja dengan baik, jujur, disiplin dan juga bertanggung jawab,” tandasnya.(*)

Sumber berita dan foto (*/ Biro Umum Setda Provinsi NTT)
Editor (+rony banase)