Gubernur VBL : Mulai Hari Ini, Gratis ‘Swab dan Rapid Test’ bagi Masyarakat NTT

Loading

Kupang-NTT, Garda Indonesia | “Saya hitung mulai hari ini, masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) yang akan melakukan perjalanan ke Jakarta atau ke mana pun, apalagi Desember nanti, anak-anak yang akan berangkat sekolah ke luar NTT, tidak lagi dibebani dengan swab atau rapid test dengan anggaran-anggaran seperti itu,” ujar Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL).

Baca juga : http://gardaindonesia.id/2020/10/08/per-8-oktober-2020-pemprov-ntt-sesuaikan-tarif-swab-900-ribu-rupiah/

Pernyataan VBL tersebut disampaikannya saat Launching Laboratorium Biomolekuler Kesehatan Masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (Kerja sama Pemerintah Provinsi NTT, Universitas Nusa Cendana, dan Forum Academia NTT) yang dilaksanakan di Klinik Undana Naikoten I pada Jumat, 16 Oktober 2020.

Gubernur VBL pun mengungkapkan telah menandatangani Pergub pada Kamis, 15 Oktober 2020. “Mulai berlaku pada hari ini (Jumat, 16 Oktober 2020), swab dan rapid test berlaku gratis bagi semua masyarakat Nusa Tenggara Timur,” tegasnya di hadapan Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi; Pjs. Bupati Malaka, dr. Meserasi Ataupah; Rektor Undana Kupang, Prof, Ir. Fredrik Benu, M.Si. Ph.D. Direktur RSUD Prof. W. Z. Johannes Kupang, dan undangan lainnya.

Laboratorium Biomolekuler Kesehatan Masyarakat Undana, tandas VBL, untuk kesehatan masyarakat telah diresmikan dan ini tentunya sangat membantu dalam peningkatan pelayanan kesehatan.

Foto bersama Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) dengan Forum Academia NTT, dan Mahasiswa Kedokteran Undana tingkat akhir

Sementara itu, dilansir dari siaran pers dari Biro Humas dan Protokol Setda NTT, Rektor Universitas Nusa Cendana Prof. Ir. Fredrik Benu, M. Si., Ph. D memberikan apresiasi pada Pemprov NTT yang ikut membantu adanya laboratorium tersebut. “Saya apresiasi yang sangat besar pada kepemimpinan Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur yang berkenan untuk mendorong adanya Laboratorium Biomolekuler Kesehatan Masyarakat di Provinsi ini, kerja sama dengan pihak Kampus Undana dan juga atas inisiasi dari adik-adik di Forum Academia NTT,” urai Prof. Fredrik

Forum Academia NTT (FAN) melalui dr. Fima Inabuy menjelaskan, Laboratorium tersebut dinamakan Laboratorium Kesehatan Masyarakat karena tujuan laboratorium ini bukan untuk diagnosa atau mengobati tetapi menjaga masyarakat tetap sehat melalui upaya surveilance yang berbasis biomolekuler.

“Artinya kita menggunakan PCR untuk menentukan strategi-strategi pencegahan penularan penyakit. Dan dalam konteks pandemi Covid-19 agenda dari laboratorium ini adalah melakukan pool test yakni screenning massal, untuk mendeteksi kelompok mana yang orangnya terinfeksi dan kelompok mana yang belum,” ungkapnya.

“Rencana skema kerja sama kami dengan agenda pool test pada kelompok-kelompok pelaku perjalanan dan tenaga-tenaga kesehatan. Namun menanggapi akumulasi sampel di RSUD W.Z. Johannes saat ini yang sudah mencapai lebih dari 3.000 sampel, maka tentu kami membantu dahulu di RSUD W. Z. Johannes. Menghadapi kedaruratan akumulasi sampel ini maka skema pemeriksaan sampel yang kami usulkan adalah kerja sama pembagian tugas antara laboratorium biomolekuler kesehatan masyarakat ini dan dengan laboratorium biomolekuler RSUD W.Z. Johannes,” terang dr. Fima.

Penulis dan Editor (+rony banase)
Foto oleh Biro Humas dan Protokol Setda NTT