Bantuan Berjarak di NTT, DPPPA Gandeng JNE Kirim Gratis ke 10 Kabupaten

Loading

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Sekitar 650 penerima manfaat program Bersama Jaga Keluarga Kita (Berjarak) dari Kementerian PPPA bakal segera memperolehnya melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Provinsi NTT, dalam hal ini kelompok spesifik masyarakat yaitu kaum perempuan, lansia, penyandang disabilitas dan anak-anak maupun keluarga yang terkena dampak pandemi Covid-19 yang masuk dalam kategori miskin dan sangat miskin.

Distribusi bantuan Berjarak tersebut, dibantu oleh ekspedisi JNE secara gratis atau tanpa biaya ke 10 kabupaten di Provinsi NTT di antaranya Kabupaten Kupang, TTS, TTU, Belu, Malaka, Sikka, Ende, Manggarai Barat, Sumba Timur dan Sumba Barat. Kesepuluh kabupaten tersebut dipilih berdasarkan data presentasi sebaran dampak Covid-19 terhadap perempuan dan anak.

Penyerahan bantuan Berjarak yang bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2020 dari Dinas PPPA yang diwakili oleh Plt. Kadis PPPA Provinsi NTT Kepala Cabang JNE Kupang, Emy Khilafat pada Jumat, 16 Oktober 2020 di Dinas PPPA NTT; untuk selanjutnya dikirim kepada para penerima manfaat melalui jalan darat di daratan Timor dan kapal laut ke Pulau Flores dan Sumba.

Pose bersama Dinas PPPA NTT dan JNE Kupang

Plt. Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi NTT, Dra. Thelma Debora Sonya Bana menyampaikan bahwa penyebaran dampak Covid-19 yang menjadi acuan pemberian bantuan dan tak ada biaya (gratis) dalam proses pengiriman bantuan kebutuhan khusus dari Dinas PPPA Provinsi NTT kepada 10 kabupaten.

Meski tersedia Dana Dekonsentrasi dari Kementerian PPPA RI Tahun 2020 melalui Dinas PPPA Provinsi NTT, ungkap Thelma, namun tidak cukup untuk membiaya pengiriman bantuan Berjarak. Untuk diketahui, total berat bantuan mencapai lebih kurang 2 ton dengan taksasi biaya pengiriman mencapai Rp. 70.000.000,- (tujuh puluh juta rupiah)

“Jika dilihat dari Dana Dekon sangat tidak cukup, tetapi Puji Tuhan ada kerja sama yang baik antara JNE dan kami. Semoga kerja sama ini terus berlanjut pada hari mendatang,” ucap Thelma sembari mengungkapkan terima kasih tulus kepada JNE.

Sementara itu, Kacab JNE Kupang, Emy Khilafat yang hadir bersama para personil JNE Kupang menyampaikan, sebagai perusahaan dalam jalur bisnis ekspedisi dapat berkontribusi membantu masyarakat di Provinsi NTT.

Kepala Cabang (Kacab) JNE Kupang, Emy Khilafat saat memberikan sambutan

“Memang ada waktu kita mengejar profit, namun ada waktu kami dapat membantu dalam kondisi Pandemi Covid-19. Kami sangat bersyukur memperoleh kesempatan bekerja sama dengan Dinas PPPA untuk membantu masyarakat NTT,” ungkapnya.

Pihak JNE, tandas Emy, akan mendistribusikan semua bantuan dengan baik menuju ke Dinas PPPA masing-masing kabupaten, untuk selanjutnya dibagikan kepada para penerima manfaat.

Penulis, editor dan foto (+rony banase)