Eksotis Pulau Semau, Langit Gelap Mutis Timau Kupang & Kerajaan Amfoang

Loading

Jakarta, Garda Indonesia | Situasi Pandemi Covid-19 yang merontokkan sektor pariwisata seluruh dunia, justru menjadikan para owner biro perjalanan wisata ini kreatif dan produktif dengan menggelar program Jelajah Negeriku, jalan-jalan ala Asosiasi Sales Travel Indonesia (ASATI) secara virtual.

Baca juga : http://gardaindonesia.id/2020/07/20/u-mart-co-id-terobosan-kadin-indonesia-asati-dapat-apresiasi-imo-indonesia/

“Di awal pandemi, kami menggunakan keluasan waktu untuk memperbaiki itinerary dan potensi destinasi yang belum dikenal banyak wisatawan yang ada di setiap DPD, selanjutnya melalui program ini kami populerkan,” ungkap M. Syukri Machmud selaku chairman ASATI, pada Senin, 2 November 2020 di Jakarta.

Webinar ke-11 pada 31 Oktober 2020 tentang Jelajah Negeriku, jalan-jalan ala ASATI secara virtual ini mempopulerkan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang menjadi “super premium destination” untuk kedua kalinya, Labuan Bajo dan Rote Ndao lebih dulu, kini kabupaten Kupang dan Kerajaan Amfoang.

Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe

Penampilan Wakil Bupati kabupaten Kupang, Jerry Manafe, S.H., MTh. sebagai keynote speaker. Raja Amfoang, Robby Manoh serta Pembicara utama Dr. Wawan Gunawan, S.Sn., M.M. selaku Direktur Pengembangan Destinasi Regional II, Kemenparekraf/Baparekraf RI, menjadikan kegiatan ini syarat dengan informasi dan gereget partisipan untuk segera hadir ke lokasi.

Acara sangat menarik tersebut dimulai dari pukul 13.00 WIB. Lebih 3 jam partisipan tidak bergeming dan tidak merasa bosan selain narasumbernya yang memiliki semangat luar biasa, terutama Wabup Jerry Manafe dan Kadis Parekraf Provinsi NTT, Dr. Ir. Wayan Darmawa, M.T. terlebih dipandu oleh moderator yang energik, Owner ‘Mama Ana’ – rumah produksi pangan lokal NTT, Olvira Ballo.

Bahkan kehadiran generasi milenial yang cerdas dengan semangat membangun daerah melalui produk olahan daun kelor, Kiki Nurrizky Ekaputra menambah warna tersendiri webinar kali ini.

Pesona Gunung Mutis, foto oleh sigit prasetio

“Kupang, salah satu kabupaten di Provinsi NTT dengan ibu kotanya Oelamasi, terdapat pulau kecil tetangga dari Pulau Timor dan Pulau Rote, namanya Pulau Semau yang exotic dan dihuni salah satu suku asli, orang Helong.” ungkap Kadis Wayan Darmawa.

Juga di sini, imbuh Wabup Jerry Manafe, bersemayam Kerajaan Amfoang, sebuah kerajaan di Pulau Timor bagian Barat Laut. Berbatasan langsung dengan Timor Leste, salah satu bekas daerah Swapraja penyuplai Sapi dan Kayu Cendana serta Madu Amfoang yang menjadi primadona dan terkenal itu.” Jelasnya.

Kehadiran Observatorium Nasional terbesar di Asia Tenggara di pegunungan Timau dan kawasan Taman Nasional Langit Gelap, tandas Wabup Jerry, mampu mendorong kemajuan sains dan teknologi antariksa Indonesia Timur sekaligus membuka peluang pariwisata tematik, kerja sama LAPAN, ITB, Undana serta Pemkab Kupang menjadi fasilitas pengamatan antariksa dilengkapi dengan teleskop optik berdiameter 3,8 meter. (*)

Sumber berita (*/tim)
Foto utama oleh superadventure.co.id
Editor (+rony banase)