Armada Udara & Laut BNPB Dukung Wisata Aman Bencana di Labuan Bajo

Loading

Labuan Bajo, Garda Indonesia | Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendukung program Wisata Aman Bencana Labuan Bajo dengan armada udara dan laut berupa 1 (satu) unit helikopter dan 1 (satu) kapal cepat Sea Rider yang ditempatkan di Labuan Bajo.

Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan, bantuan tersebut merupakan perhatian Pemerintah Pusat atas kelancaran dan keamanan wisata prioritas di kawasan Labuan Bajo.

Di samping itu, Doni menyampaikan, dukungan ini untuk mengawal dan kesiapsiagaan dukungan penanggulangan bencana di kawasan Kabupaten Manggarai Barat dan kawasan Provinsi Nusa Tenggara Timur.

“Dalam pelaksanaannya kapal cepat Sea Rider tersebut diserahterimakan ke Basarnas, daerah operasi Labuan Bajo dan helikopter diserahkan di bawah kendali Bupati c/q BPBD Kabupaten Manggarai Barat,” ujar Doni melalui pesan digital pada Sabtu, 7 November 2020.

Penempatan dua jenis kendaraan operasional laut dan udara tersebut juga sebagai bukti perhatian Pemerintah Pusat atas kelancaran dan keamanan wisata prioritas di kawasan Labuan Bajo. Hal itu sekaligus untuk mengawal kesiapsiagaan dukungan penanggulangan bencana di kawasan Kabupaten Manggarai Barat dan kawasan Provinsi NTT.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Manggarai Barat menyambut baik dukungan BNPB. Armada helikopter memberikan akses cepat yang mampu menjangkau wilayah-wilayah kepulauan, seperti pelayanan medis hingga pengiriman logistik di daerah yang terisolasi.

“Ini helikopter sangat membantu sekali. Respons kabupaten-kabupaten se-NTT sangat positif. Karena kami lakukan kegiatan lintas kabupaten se-NTT,” ujar Hans Mboeik salah satu tim BPBD Kabupaten Manggarai Barat melalui pesan digital.

Ia juga menambahkan, “Daerah yang sangat terisolasi, pelayanan medis susah di sana, logistik makanan susah untuk masuk ke sana menjadi terbantu dengan adanya helikopter dari BNPB.”

Dalam masa pandemi Covid-19, helikopter tersebut juga digunakan untuk kegiatan pengangkutan sampel swab Covid-19 dan alat kesehatan yang berkaitan dengan program kerja BNPB dan BPBD. Diharapkan dengan adanya tambahan kendaraan Sea Rider Boat, maka penanggulangan bencana dan kegiatan lain untuk menunjang wisata aman bencana dapat lebih dimaksimalkan.

“Helikopter juga kami gunakan untuk patroli penanggulangan bencana, pengangkutan sampel swab Covid-19, pengangkutan logistik alkes dan yang berkaitan dengan program kerja BNPB dan BPBD,” pungkas Hans Mboeik. (*)

Sumber berita dan foto (*/tim bnpb)
Editor (+rony banase)