Para Kepala Suku di Pegunungan Tengah Papua Dukung Otsus Diperpanjang

Loading

Papua, Garda Indonesia | Kepala-kepala suku yang tergabung dalam RKPT (Rukun Keluarga Pegunungan Tengah) Kabupaten Keerom, Provinsi Papua menyatakan dukungan untuk keberlangsungan Otonomi Khusus (Otsus) bagi tanah Papua terkait Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otsus Papua.

Para kepala suku yang hadir menyatakan dukungannya agar program Otsus di Papua harus tetap dilanjutkan, karena sangat berdampak positif bagi masyarakat Papua baik dibidang pendidikan, kesehatan, pembangunan dan kesejahteraan.

Hal ini ditegaskan Simon Kossay, Kepala Suku yang menjadi Ketua RKPT. “Pada hari ini tanggal 20 Februari 2021, kami 13 orang kepala suku di Pegunungan Tengah duduk bersama ingin menyampaikan dukungan kepada pemerintah tentang kelanjutan Otsus jilid II,” tegasnya seraya meminta pemerintah mengubah beberapa poin agar ke depan kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan lebih tepat sasaran untuk orang asli Papua.

Kepala-kepala suku yang tergabung dalam RKPT (Rukun Keluarga Pegunungan Tengah) Kabupaten Keerom, Provinsi Papua

Menurut Simon, percepatan pembangunan yang dilakukan pemerintah sudah bagus tetapi belum merata hingga wilayah pedalaman. “Kami mengapresiasi sikap dari Presiden Joko Widodo yang sering hadir di Papua, dan kami berharap agar warga kami yang berada di pedalaman dan daerah terpencil tak luput dari perhatian” harapnya.

Vincentius Himan selaku sekretaris RKPT juga mengapresiasi kebijakan pemerintah pusat yang telah melayani orang Papua lebih dari 21 tahun dan ke depan berharap kalau bisa seluruh jabatan di pemerintahan Papua hingga kelurahan diisi oleh orang asli Papua. “Ke depan, keterlibatan tokoh masyarakat adat dan agama juga penting dilibatkan dalam penerapan Otsus agar pelaksanaan lebih transparan,” pintanya.

Kami mendorong pemerintah, tandas Simon, untuk mengaudit Program Otsus agar masyarakat lega dan tidak hanya dirasakan oleh orang-orang tertentu.

Para kepala suku yang tergabung dalam FKPT Keerom hadir dalam kesempatan itu antara lain, Simon Kossay Ketua RKPT, Vincentius Himan Sekretaris RKPT, Kepala Suku Mee Piet Giay, Kepala Suku Membramo Tengah dan Keerom Pius Wanimbo, Kepala Suku Yahukimo, Markus Asso; Kepala Suku Tolikora, Paleli Enembe; Sekretaris II RKPT Wim Mabel dan Wakil RKPT Y. Riantus.W. (*)

Sumber berita dan foto (*/tim)

Editor (+roni banase)