Herman Man : Lansia & Petugas Pelayanan Antusias Terima Vaksin Covid-19

Loading

Kota Kupang, Garda Indonesia | Wakil Wali Kota Kupang, dokter Hermanus Man, pada Selasa dan Rabu, 9—10 Maret 2021, kembali mengunjungi puskesmas dan tempat pelayanan publik di Kota Kupang yang telah ditentukan untuk melaksanakan proses Vaksinasi Covid-19. Didampingi Tim Satgas Penanganan Covid 19 Kota Kupang, para Camat dan Lurah serta Kepala Puskesmas, dr. Herman Man mengunjungi dan memantau pelaksanaan vaksinasi di 3 puskesmas dan 1 kantor lurah.

Keempat tempat tersebut yakni Puskesmas Penfui, Puskesmas Oepoi, Puskesmas Oebobo dan Kantor Lurah Manulai II. Menurut dokter Herman Man, dari hasil pantauan terlihat masyarakat terutama lansia dan pelayan publik sangat antusias mengikuti dan siap di vaksin.

Hari sebelumnya, Selasa, 9 Maret 2021, dokter Herman Man memulai kunjungan dari Puskesmas Penfui, dari hasil pantauan diperoleh data target sasaran vaksinasi berjumlah 1.500 orang yang terbagi dalam 3 kelurahan yaitu, kelurahan Penfui, kelurahan Naimata dan kelurahan Maulafa. Stok Vaksin yang tersedia berjumlah 19 multi dos bagi lansia dan 134 lansia bagi tenaga kesehatan. Jadwal pelayanan vaksinasi setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu mulai pukul 09.00—13.30 WITA.

Foto bersama Wakil Wali Kota Kupang, dokter Herman Man dengan Petugas Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Oepoi

Selanjutnya rombongan melanjutkan kunjungan ke Puskesmas Oepoi di Kelurahan Oebufu yang memiliki target vaksinasi bagi lansia dan pelayan publik berjumlah 3.355 orang berupa ketersediaan vaksin 25 multi dos bagi lansia dan 38 single dos bagi pelayan publik. Puskesmas Oepoi melayani masyarakat yang berdomisili di Kelurahan Oebufu, Kelurahan Liliba, Kelurahan Kayu Putih dan Kelurahan Tuak Daun Merah. Jadwal Pelayanan Vaksinasi setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu mulai pukul 09.00 WITA—selesai.

Kemudian dokter Herman Man menuju Puskesmas Oebobo, dan berdasarkan informasi yang diperoleh target vaksinasi bagi lansia dan pelayan publik berjumlah 2.260 orang yang terdapat di 3 kelurahan yaitu, Kelurahan Oebobo, Kelurahan Fatululi dan Kelurahan Oetete. Stok Vaksin yang tersedia berjumlah 540 dos dengan jadwal pelayanan, Selasa, Kamis dan Sabtu mulai pukul 09.00—13.30 WITA.

Pada Rabu, 10 Maret 2021, dr. Herman Man melanjutkan kunjungan ke Kantor Kelurahan Manulai II, yang mana target sasaran vaksinasi berjumlah 100 orang pada termin I yang meliputi Kelurahan Naioni, Kelurahan Manulai II dan Kelurahan Batuplat. Stok Vaksin yang tersedia berjumlah 11 Ampoule dengan jadwal pelayanan setiap hari dalam 1 minggu mulai pukul 08.00 WITA—selesai.

Wakil Wali Kota Kupang, dokter Herman Man bersama para petugas Vaksinasi Covid-19

Saat memberikan informasi terkait kunjungannya selama 3 hari, dokter Herman Man mengatakan bahwa dari hasil pantauannya semua pelaksanaan berjalan baik. Ketersediaan vaksin yang ada sementara cukup untuk pelaksanaan vaksinasi bagi lansia pelayan publik.

Diakui dokter Herman Man, masih ada beberapa hambatan proses vaksinasi antara lain; masih terdapat sejumlah masyarakat yang tidak mau divaksin dengan alasan beragam, jaringan internet yang lambat karena terpusat di satu server Dinas Kesehatan Kota Kupang dan kesulitan mendapatkan nomor telepon peserta yang bersangkutan.

Terkait pelaksanaan Rapid Antigen dan Swab PCR oleh Laboratorium swasta, dokter Herman Man menginstruksikan agar setiap laboratorium wajib melaporkan hasil tes pasien yang positif kepada Dinas Kesehatan Kota Kupang untuk ditindaklanjuti. (*)

Sumber berita dan foto (*/Pkp_chr/dev/et)

Editor (+roni banase)