Alat Tes Covid Genose Tiba di Kupang, Uji Perdana di Pasar Kasih Naikoten

Loading

Kota Kupang, Garda Indonesia | Genose 19 merupakan alat test deteksi dini Covid-19 melalui embusan nafas yang dikembangkan oleh Universitas Gajah Mada. Cara menggunakan Genose sangat mudah, seseorang diimbau untuk tidak merokok dan puasa selama setengah atau satu jam sebelum test dilakukan. kemudian seseorang hanya menghembuskan napas ke kantong sekali pakai untuk kemudian dianalisis oleh alat ini, rata-rata prosesnya hanya 3 menit.

Wali Kota Kupang, Doktor Jefri Riwu Kore  memantau langsung uji coba perdana alat tes cepat Covid-19 yakni Genose C19 yang  berlangsung di Pasar Kasih Naikoten I, pada Kamis, 1 April 2021 oleh para petugas dari Dinas Kesehatan Kota Kupang. Dalam pemantauan tersebut, Wali Kota Jefri didampingi Kadis Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati, M.Si,  Kepala Puskesmas Bakunase, drg. Dian Sukmawati Arkiang, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Kupang, Ernest S. Ludji, S.STP, M.Si. serta Lurah Naikoten I, BudI Imanuel Izaac, S.H.

Warga dan pengunjung Pasar Kasih Naikoten saat mencoba alat tes Covid, Genose

Kepada para pedagang dan pengunjung Pasar Kasih Naikoten, Wali Kota Jefri  mengimbau untuk melakukan tes dengan menggunakan Genose, guna memastikan kondisi kesehatan mereka. Jika hasil tes reaktif maka warga bersangkutan akan langsung diberikan obat dan vitamin, serta bisa langsung dievakuasi ke pusat kesehatan terdekat maupun rumah sakit. Dinas Kesehatan pun telah menyiapkan mobil ambulans di lokasi tes untuk kebutuhan evakuasi tersebut.

Wali Kota Jefri berharap dengan adanya alat yang sederhana ini masyarakat tidak perlu takut  akan biaya pemeriksaan dan juga proses pemeriksaannya karena lebih mudah dan tidak seperti tes antigen. Maka, kepada Dinas Kesehatan, ia meminta untuk memperluas akses di semua tempat pelayanan kesehatan, supaya mudah dijangkau masyarakat dan proses sosialisasi serta edukasi kepada masyarakat bisa dilakukan via kelurahan setempat.

Tampak para pedagang dan pengunjung di Pasar Kasih Naikoten cukup antusias untuk mencoba metode tes dengan alat Genose 19 yang disiapkan petugas kesehatan di pos informasi pasar tersebut. (*)

Sumber berita dan foto (*/PKP_ans)

Editor (+roni banase)