‘Darwin Rock Church’ Australia Donasi Sembako ke Korban Bencana Malaka

Loading

Malaka-NTT, Garda Indonesia | Komunitas Darwin Rock Church (DRC) – Australia bekerja sama dengan Komunitas Rumah Budaya Naitimu (RBN) Halilulik, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), mendonasi sembako kepada para korban pasca bencana badai Siklon Tropis Seroja di Kabupaten Malaka, pada Minggu, 18 April 2021.

Koordinator Komunitas RBN, Elpidus Lau, S.Fil. menggambarkan, gerakan peduli kemanusiaan bagi para korban dengan mengusung tema Satu Hati untuk Rai Malaka tersebut sebagai wujud pemberian dari keterbatasan. “Kita mau membantu sesama yang menderita bukan berarti kita merasa lebih dalam segala hal. Melainkan, karena ada rasa senasib dan mau untuk turut merasakan apa yang dialami sesama di Malaka,” tandas Elpi Lau sapaan akrabnya.

Komunitas Rumah Budaya Naitimu (RBN) Halilulik saat membawa dan mendistribusikan bantuan dari Komunitas Darwin Rock Church (DRC) Australia kepada korban bencana di Desa Naimana Kecamatan Malaka Tengah

Informasi yang diterima Garda Indonesia, sumbangan dari sesama saudara yang berada di Negeri Kanguru itu disalurkan dalam bentuk uang, dan kemudian digunakan anggota RBN untuk membelanjakan berbagai jenis sembako.

Adapun jenis sembako yang dihantar ke Malaka oleh RBN yang sudah dikemas menjadi ratusan bingkis tersebut meliputi beras, minyak goreng, minyak tanah, detergen, sabun mandi, pasta gigi, air mineral, mi instan, minuman instan, obat nyamuk, camilan (snack), dan lain – lain.

Elpi Lau berharap, sesama saudara yang terkena dampak bencana badai Siklon Tropis Seroja di Malaka, agar tetap bersabar dan mau menerima tragedi badai ini sebagai sebuah peristiwa iman yang patut untuk direfleksikan dan direnungkan dalam nuansa pertobatan ekologis. Selain itu, menjadikan momentum ini sebagai proses penyadaran menuju pembaharuan relasi antara manusia, Tuhan dan semesta alam.

Pose bersama Komunitas Rumah Budaya Naitimu (RBN) Halilulik usai menyerahkan bantuan dari Komunitas Darwin Rock Church (DRC) – Australia kepada korban bencana di Malaka

Lebih lanjut ujar Elpi Lau, semoga dengan  pemberian ala kadar ini bisa  menggugah sesama saudara di mana pun berada agar tergerak hatinya untuk turut berbuka hati dan tangan dalam membantu menghidupkan kembali semangat juang dari sesama korban di Malaka.  “Mari kita bahu membahu dengan spirit solidaritas, kita gemakan semangat cinta kasih dan rasa kemanusiaan lewat aksi peduli nyata. Sekecil apa pun perhatian kita, sangat berarti bagi sesama yang sedang membutuhkan,” paparnya.

Disaksikan Garda Indonesia, donasi sembako itu pun diserahkan langsung kepada para korban dari rumah ke rumah mulai dari Desa Sanleo, Kecamatan Malaka Timur; Desa Naimana, Desa Fahiluka, dan berakhir di Desa Lawalu di Kecamatan Malaka Tengah. (*)

Penulis + foto: (*/ Herminus Halek)