Pj. Bupati Belu Ajak Stakeholders Dukung Visi–Misi Bupati/Wakil Bupati Terpilih

Loading

Belu-NTT, Garda Indonesia | “Melalui kesempatan ini, saya mengajak seluruh stakeholders di Kabupaten Belu untuk memberikan perhatian serius dan optimal agar tujuan untuk menjadikan Musrenbang sebagai instrumen penting dalam perencanaan pembangunan dapat kita wujudkan,” ujar Penjabat Bupati Belu, Zakarias Moruk, M.M. saat sambutan pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) tahun 2022 yang dihelat di GOR L.A. Bone Atambua, pada Selasa, 20 April 2021.

Zakarias Moruk menuturkan, penyusunan program dan kegiatan yang menjadi prioritas dalam RKPD tahun 2022, tentunya tidak terlepas dari arah kebijakan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Belu tahun 2005—2025 dan Visi–Misi Bupati/ Wakil Bupati Belu terpilih, Agustinus Taolin–Aloysius Hale Serens, yang akan dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Belu tahun 2021—2026.

Zakarias Moruk menyampaikan, Visi dan Misi Bupati/ Wakil Bupati Belu terpilih, Agustinus Taolin – Aloysius Hale Serens, hasil pilkada tanggal 9 Desember 2020 adalah:

Pertama, Masyarakat Belu yang Sehat secara fisik dan mental, terbebas dari sakit penyakit yang mampu menyatakan kebaikan fisik bagi diri, sesama, dan lingkungan, memiliki pikiran yang baik dan normal serta dapat dipercaya.

Kedua, Masyarakat Belu yang Berkarakter, berakhlak baik atau berbudi pekerti yang dapat diimplementasikan dalam perilaku bermanfaat bagi diri, sesama dan lingkungan.

Ketiga, Masyarakat Belu yang Kompetitif, bersaing atau berkompetisi secara sehat dan adil untuk membangun kehidupan yang dapat bertahan dalam menghadapi tantangan.

Peserta Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) tahun 2022 yang dihelat di GOR L.A. Bone Atambua, pada Selasa, 20 April 2021.

“Visi Bupati/ Wakil Bupati terpilih, selaras dengan misi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Belu tahun 2005—2025, yaitu Belu sebagai kabupaten perbatasan yang maju, mandiri, adil dan sejahtera 2025. Semuanya akan terwujud, hanya dengan kerja keras, tulus ikhlas dan dukungan dari segenap stakeholders pembangunan, yaitu pemerintah, masyarakat dan swasta di Kabupaten Belu, serta dukungan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat,” tandas Zakarias Moruk.

Upaya pencapaian Visi – Misi tersebut di atas, papar Zakarias Moruk, akan difokuskan pada lima era pembangunan, yaitu pembangunan sumber daya manusia; pembangunan ekonomi daerah; pembangunan infrastruktur yang mendukung produktivitas daerah berbasis tata ruang; reformasi birokrasi dan hukum; serta pelestarian budaya daerah dan lingkungan hidup.

Hadir dalam kegiatan Musrenbang RKPD, perwakilan Bappelitbangda Provinsi NTT, Uskup Atambua, Mgr. Dr. Dominikus Saku, Pr., Wakil Bupati terpilih Drs. Aloysius Hale Serens, Penjabat Sekda Belu Frans Manafe, S.Pi, Wakil Ketua II DPRD Belu Cyprianus Temu, Forkopimda plus Kabupaten Belu, dan pimpinan OPD Kabupaten Belu. (*)

Penulis + foto: (*/ Herminus Halek)