“Empati VBL” Tari Lego-Lego Alor Hiasi Pelantikan Tiga Bupati-Wabup

Loading

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Empati dari Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) ditunjukkan dengan mengajak para penari dari SMA Negeri Tamalabang, Kecamatan Pantar Timur, Kabupaten Alor, untuk mewarnai dan turut menyukseskan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Belu, Malaka, Sumba Barat pada Senin pagi, 26 April 2021.

Simak video penampilan Tarian Lego-Lego yang dipentaskan oleh Siswa-Siswi SMA Negeri Tamabalang di link bawah ini: https://youtu.be/2lrZd6BW8n8

Kehadiran siswa-siswi SMA Negeri Tamalabang yang juga turut menjadi korban bencana Badai Seroja yang melanda 15 Kabupaten/Kota di wilayah NTT pada tenggang waktu 3—5 April 2021, tercetus saat Gubernur VBL melakukan kunjungan kerja dan melihat dari dekat dampak bencana yang meluluhlantakkan wilayah Kabupaten Alor.

Saat melihat anak-anak SMA Negeri Tamabalang, maka terpantik empati dari VBL untuk mengajak mereka ke Kupang untuk menampilkan Tarian Lego – Lego dalam mengiringi ketiga Bupati-Wakil Bupati masuk ke Aula El Tari dan bersiap untuk dilantik.

Siswa-Siswi SMA Negeri Tamabalang saat memasuki aula El Tari usai menjalani pemeriksaan oleh Tim Obvit Polda NTT

Pantuan Garda Indonesia yang berkesempatan meliput langsung pelantikan Bupati-Wakil Bupati hasil Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020 tersebut, saat menampilkan Tarian Lego-Lego dengan sangat antusias dan enerjik, namun anak-anak SMA Negeri Tamabalang tetap mengedepankan protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker.

Tarian Lego-Lego yang dipentaskan anak-anak korban Badai Seroja di Pulau Pantar Alor dengan ragam Sebara Buri, Buri Gor Lerang yakni sebuah bentuk ajakan untuk semua warga tani agar tetap ada dalam kebersamaan dan kesatuan yang kokoh untuk terus bersemangat dalam mengerjakan sebuah pekerjaan dan Boweli Serang Botang yakni sebuah wujud ucapan syukur atas keberhasilan yang diterima oleh warga tani yang dilakukan secara adat.

Siswa-SiswiSMA Negeri Tamabalang pose bersama Pelatih Tari Lego-Lego, Mei Waang sesaat sebelum pentas

Pelatih Tari Siswa-Siswi SMA Negeri Tamabalang, Mei Waang kepada Garda Indonesia mengungkapkan saat anak-anak mementaskan tarian di hadapan Gubernur VBL, kemudian memperoleh empati dan selanjutnya diminta untuk pentas sesaat sebelum upacara pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Belu, Malaka dan Sumba Barat.

Baca juga : http://gardaindonesia.id/2021/04/26/prokes-ketat-gubernur-lantik-bupati-wabup-belu-malaka-sumba-barat/

“Beliau (Gubernur VBL, red) merupakan utusan dari Tuhan sebagai hambanya untuk datang melihat kami para korban bencana di Kecamatan Pantar Timur dan Pantar Tengah. Dan di situ kami merasa sukacita, meski kami dalam kesedihan, namun kami terus tampil semangat untuk menjemput para pemimpin kami, karena kami yakin Tuhan akan menolong melalui pemerintah, terlebih khusus Bapak Gubernur yang hadir di tengah kami,” ungkapnya.

Usai mementaskan Tarian Lego-Lego, tandas Mei Waang, Gubernur VBL langsung meminta anak-anak harus tampil dalam pelantikan Bupati-Wakil Bupati Belu, Malaka, dan Sumba Barat di Aula El Tari Kupang.

Penulis, editor dan foto (+roni banase)