“Bank NTT Peduli” Bersama Bantu Korban Bencana La Nina di NTT

Loading

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Badai siklon tropis dampak dari La Nina yang terjadi di Provinsi Nusa Tenggara Timur memicu hujan lebat, angin kencang dan banjir bandang di beberapa wilayah, pada Sabtu dan Minggu, 4—5 April 2021, mengakibatkan ribuan warga terdampak, ratusan orang meninggal dunia, dan sebagian warga hilang.

Kondisi dampak Badai Siklon Tropis, mengundang keprihatinan Bank NTT sebagai yang lahir dari rahim Provinsi NTT, untuk ikut terpanggil menghelat aksi donasi kemanusiaan. Untuk kesekian kalinya, Bank NTT menyatakan sepenanggungan dalam derita yang dialami masyarakat.

Demi mempermudah masyarakat dalam berdonasi, maka manajemen Bank NTT sudah menyediakan kanal, dengan jalan menyiapkan nomor rekening khusus untuk memupuk kepedulian kepada kemanusiaan. Nomor Rekening yang disiapkan pada Kantor Cabang Khusus dengan nomor rekening: 1000742078 atas nama BANK NTT PEDULI.

Rekening Bank NTT Peduli dibuka sejak Senin, 5 April 2021 dan akan ditutup pada waktu yang akan ditentukan kemudian. Manajemen Bank NTT berharap agar rekening ini dapat disosialisasikan kepada masyarakat umum sehingga siapapun dapat memanfaatkan momentum ini untuk menyatakan kepeduliannya terhadap mereka yang terdampak bencana. Terutama kepada mitra media, diharapkan agar mempublikasikannya sehingga dapat mempermudah masyarakat dalam berdonasi.

Donasi bagi bencana La Nina di NTT merupakan bukti kepedulian dan kepekaan manajemen Bank NTT sekaligus komitmen kuat dari bank kebanggaan masyarakat NTT, bahwa bank ini tidak saja terus berinovasi dalam layanan perbankan, melainkan ikut membangun Provinsi NTT secara nyata. Untuk mewujudkan visinya sebagai Smart Bank, maka BANK NTT telah hadir dalam transaksi layanan digital, yakni melalui M-Banking. Dan, calon donatur pun bisa memanfaatkan layanan ini, untuk mentransfer bukti kasih mereka kepada warga terdampak bencana.

Salah satu keunggulan Bank NTT dalam mengelola donasi kemanusiaan ini adalah, selalu ada update data terakhir donatur, yang dilansir di media cetak. Setiap hari, selalu ada laporan nama donator dan total donasi, sehingga masyarakat tidak perlu ragu karena Bank NTT terbuka dalam pengelolaannya. Bahkan dalam seremoni penyerahan pun akan terpublikasi baik itu total jumlah donasi maupun pihak penerima. Dan, manajemen Bank NTT pun memastikan bahwa penerima bantuan kemanusiaan ini adalah Pemerintah Daerah pada wilayah yang terdampak bencana, serta disaksikan berbagai pihak, termasuk kepolisian.

Terkait donasi bantuan kemanusiaan ini, manajemen Bank NTT berterimakasih kepada calon donator yang dengan sukarela memberi dari segala kekurangan.

 Sementara itu, BMKG memprediksi, terdapat potensi cuaca ekstrem berupa hujan sangat lebat, angin kencang dan gelombang tinggi dalam periode sepekan ke depan di sebagian wilayah  termasuk Provinsi NTT. Bahkan berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer-laut menunjukkan bahwa La Nina masih berlangsung paling tidak hingga Mei 2021 dengan kecenderungan menuju netral.

Fenomena Madden-Julian Oscillation (MJO) terpantau aktif di sebagian wilayah Indonesia bersamaan dengan fenomena gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial yang dapat berkontribusi pada peningkatan awan hujan. (*)

Sumber berita (*/humas Bank NTT)

Foto utama oleh roni banase