Sisa 7 Gardu Padam, GM PLN NTT: ‘Best Effort’ Minggu Kedua Mei Pulih

Loading

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Dari total 4.002 gardu listrik PLN yang terdampak Badai Seroja pada rentang waktu 3—5 April 2021, mengakibatkan jaringan listrik padam pada 635.978 pelanggan di seluruh Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), namun dengan kerja sigap tim relawan PLN, jajaran manajemen dan dibantu oleh stakeholder, beserta TNI/Polri, maka hingga Minggu, 2 Mei 2021 pukul 12.00 WITA, hanya tersisa 827 pelanggan yang masih padam.

Baca juga : http://gardaindonesia.id/2021/05/02/listrik-di-pulau-sabu-nyala-pln-tempuh-waktu-10-jam-dan-tak-kenal-lelah/

Kini, sebanyak 635.152 pelanggan PLN kembali menikmati listrik dengan presentasi 99,86 % dan 1.754 desa juga dapat menikmati jaringan listrik dari total 1.759 desa di seluruh NTT yang terdampak badai.

General Manager PLN UIW NTT, Agustinus Jatmiko kepada Garda Indonesia pada Minggu malam, 2 Mei 2021 pukul 19.02 WITA mengungkapkan bahwa di seluruh wilayah NTT, tersisa 7 (tujuh) gardu yang masih padam.

Truk pengangkut material dan peralatan PLN sedang bersiap di Pelabuhan Bolok Kupang menuju Sabu Raijua

Ketujuh gardu padam tersebut, urai Agustinus Jatmiko, 1 (satu) di Sabu, satu di Pantar Kabupaten Alor, dan 5 (lima) di Pulau Raijua, sementara menunggu kapal berangkat membawa peralatan dan material dari Kupang ke Sabu, dilanjutkan dengan perahu ke Raijua.

Untuk pemulihan gardu di Sabu, urai Agustinus Jatmiko, diusahakan bakal selesai pada Senin, 3 Mei 2021. “Tim PLN beserta peralatan pendukung sudah siap menunggu di Pelabuhan Kupang (Bolok,red) untuk berangkat ke Sabu Raijua dan jika kapal jadi berangkat ke Sabu pada Senin ini (3 Mei, red) kami usahakan minggu depan, 5 (lima) gardu di Raijua selesai. Untuk di Pantar Alor diusahakan selesai pada Selasa, 4 Mei,” ulas GM PLN UIW NTT.

Saat dikonfirmasi Garda Indonesia mengenai estimasi waktu pemulihan 7 gardu tersebut apakah dapat rampung pada pertengahan Mei, “Best Effort bisa segera pulih,” tandasnya.

Penulis dan Editor (+roni banase)

Foto (*/PLN UIW NTT)