Bupati Belu Beber Visi, Misi dan 5 Program Prioritas ke Forkopimda Plus

Loading

Atambua, Garda Indonesia | Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus, SpPD-KGEH, Finasim menyampaikan visi, misi dan program kerja Bupati dan Wakil Bupati Belu periode 2021—2024 dalam rapat bersama Forkopimda Plus di ruang kerjanya, pada Senin, 3 Mei 2021. Ia membeberkan visi dan misinya bersama Wakil Bupati Belu, Drs. Aloysius Haleserens, M.M. yakni membangun manusia sehat, membangun ekonomi sehat, membangun pemerintahan sehat serta membangun lingkungan dan budaya yang sehat menuju masyarakat yang sehat, berkarakter dan kompetitif.

Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus juga memaparkan 5 (lima) program prioritas di antaranya, Pertama; Program Pembangunan Manusia meliputi Kesehatan Gratis; Kelurahan/Desa Tangguh; Pendidikan berkualitas (formal, non formal dan informal); Pembinaan Generasi Milenial dan Pengembangan Olahraga Prestasi.

Kedua, Program Pembangunan Ekonomi meliputi Intensifikasi dan ekstensifikasi tanaman umur pendek, olah lahan, bibit unggul dan ketersediaan pupuk subsidi; Mengembangkan Sapi Timor; Pemasaran komoditi dan harga; Ekosistem ekonomi kreatif, BUMDes, UMKM/Koperasi, Milenial, dan Gen Z.

Ketiga, Pembangunan Infrastruktur meliputi Air bersih perkotaan/pedesaan; Perumahan layak huni bagi masyarakat tidak mampu; Pembangunan sarana prasarana kawasan perkotaan-Atambua Beranda NKRI.

Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin saat memimpin rapat bersama Forkopimda Plus di ruang kerjanya, pada Senin, 3 Mei 2021

Keempat, Program Reformasi Birokrasi dan Hukum, Pemberdayaan Perempuan dan Anak meliputi Transparansi dan akuntabilitas dalam recruitment dan pembinaan karir ASN dan Tenaga Kontrak; Birokrasi yang bersih dan berdaulat melalui penempatan dan pola karier sesuai kompetensi; e-Government (digitalisasi) dan Peningkatan kualitas pengawasan; Meningkatkan perlindungan anak, perempuan dan kaum difabel.

Kelima, Program Pembangunan Lingkungan Hidup dan Budaya meliputi: Menjamin kelestarian ekosistem; Memberdayakan lembaga adat, Parpol dan komunitas lainnya untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan; Membangun dan mengembangkan warisan budaya dan potensi pariwisata untuk manfaat ekonomi kreatif.

Bupati Belu mengharapkan agar Forkopimda Plus selalu bersinergi untuk membangun Kabupaten Belu sesuai dengan peran dan porsinya. “Saya dan Wakil Bupati juga berterima kasih kepada Forkopimda Plus yang telah berkontribusi dalam dinamika selama pemilu, sampai dengan pelantikan kemarin. Alhamdulillah, semua berjalan dengan baik, lancar, dan kami bisa hadir di sini dan dilantik. Semoga Tuhan memberkati perjalanan kami dalam memimpin kabupaten yang kita cintai ini,” tandasnya.

Usai Rapat bersama Forkompimda Plus Kabupaten Belu, dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi Kepala Daerah bersama Forkopimda terkait Penanganan Covid-19 yang dilaksanakan secara virtual dan dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri, M. Tito Karnavian. (*)

Sumber berita dan foto (*/prokompimbelu)

Editor (+roni banase)