Jalin Kerja Sama Biznet, Pemkot Kupang Sedia WiFi Gratis di Rumah Ibadah

Loading

Kota Kupang, Garda Indonesia | Pemkot Kupang berkomitmen untuk melanjutkan program Smart City yang telah diluncurkan sejak tahun 2019 lalu. Hal ini terbukti dengan ditandatanganinya kesepakatan bersama atau memorandum of understanding (MoU) antara Pemerintah Kota Kupang dan pihak Biznet, perusahaan yang bergerak dalam hal penyediaan infrastruktur digital terintegrasi di Indonesia. Kerja sama dilaksanakan untuk menghadirkan koneksi internet di Kota Kupang yang dapat mendukung aktivitas digital masyarakat di Kota Kupang.

Biznet Networks adalah operator telekomunikasi fixed-line dan operator multimedia di Indonesia yang memberikan layanan jaringan (network), layanan internet, pusat data, serta layanan hosting dan cloud computing. Biznet Networks didirikan pada tahun 2000 dengan fokus pasar pada dunia korporat. Biznet memiliki dan mengoperasikan jaringan serat optik mutakhir dengan pusat data terbesar di Indonesia, dan juga telah menyediakan layanan premium dengan performa jaringan yang cepat dan andal.

Penandatanganan kesepakatan bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) tentang pembangunan jaringan dan penyediaan jasa internet broadband di Kota Kupang telah dilaksanakan pada Senin, 10 Mei 2021, antara Adi Saputra Kusma, Presiden Direktur PT. Supra Primatama Nusantara (Biznet) dengan Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson Riwu Kore, M.M., M.H.

Penandatanganan MoU antara Biznet dengan Pemerintah Kota Kupang mencakup penyediaan koneksi WiFi gratis atau free WiFi di tempat-tempat ibadah. Hal ini menjadi salah satu fokus utama kedua belah pihak, mengingat saat ini banyak kegiatan keagamaan yang harus diselenggarakan secara online, demi menghindari penularan virus Covid-19 yang masih tinggi di masyarakat.

Presiden Direktur Biznet, Adi Kusma

Kabar gembira tersebut disampaikan langsung oleh Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore (sapaan akrabnya, red) dalam jumpa pers yang berlangsung secara daring, pada Selasa, 18 Mei 2021. Menurutnya, pandemi Covid-19 yang belum tahu kapan berakhirnya, mendorong Pemerintah Kota Kupang untuk terus berupaya membantu upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Karena itu, imbuh Jefri Riwu Kore, atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Kupang, Wali Kota berterima kasih kepada Biznet yang sudah bersedia hadir dan membantu Pemkot Kupang dalam upaya peningkatan kesejahteraan dan ekonomi warga. Atas permintaan Pemkot Kupang, sebagai bukti dukungannya, Biznet akan memasang layanan wifi gratis di rumah-rumah ibadah serta sejumlah tempat publik di Kota Kupang.

“Dengan adanya wifi gratis tersebut diharapkan pelayanan dan pembinaan rohani oleh para rohaniwan kepada jemaatnya bisa terus berjalan secara baik, meski secara daring,” ucap Wali Kota Jefri seraya menambahkan bahwa Pemkot Kupang pada prinsipnya terbuka bagi provider mana pun yang ingin membuka layanan dan membantu Pemkot meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Wali Kota Jefri yakin dengan layanan yang murah dan cepat, Biznet bakal menjadi produk yang laris dan bisa mencegah monopoli oleh pihak tertentu yang berimbas pada harga internet. Dia berharap Biznet bisa terus eksis di Kota Kupang dan selalu mendukung program peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Kupang lewat program-program CSR-nya.

Presiden Direktur Biznet, Adi Kusma menjelaskan saat ini pihaknya tengah melakukan survei jumlah rumah ibadah di Kota Kupang yang akan dipasang layanan wifi gratis. Pihaknya juga menargetkan pemasangan jaringan di Kota Kupang akan selesai dalam waktu 6—9 bulan ke depan. Dia berharap kehadiran mereka bisa menjadi alternatif dalam pelayanan berbasis digital di Kota Kupang dengan kecepatan internet yang sama seperti kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Ketua Sinode GMIT, Pdt. Dr. Merry L. Y. Kolimon saat mengikuti jumpa pers secara daring

Ketua Sinode GMIT, Pdt. Dr. Merry L. Y. Kolimon yang hadir dalam jumpa pers secara daring memberikan apresiasi terhadap upaya Pemkot Kupang untuk memasang wifi gratis di rumah-rumah ibadah di Kota Kupang. Diakuinya sebelum Covid-19 muncul, GMIT sebenarnya sudah berbicara tentang pemanfaatan teknologi informasi dalam menunjang pelayanan pastoral.

“Pandemi Covid-19 akhirnya mendesak agar hal tersebut bisa terwujud dan tidak lagi menjadi sekadar wacana,” terang Pdt Merry Kolimon sembari berterima kasih kepada Wali Kota dan jajarannya di Pemkot Kupang yang telah mendukung upaya tersebut lewat layanan wifi gratis. Terima kasih juga disampaikannya kepada Biznet yang lewat program CSR-nya memberikan layanan wifi gratis.

Ia berharap bantuan ini tidak hanya sekadar dimanfaatkan untuk pelayanan pastoral gereja saja, tapi juga bisa membantu anak-anak dari keluarga yang kurang mampu yang membutuhkan akses internet untuk belajar secara online selama pandemi. Pdt. Mery Kolimon pun mengingatkan akan pentingnya edukasi bagi anak-anak dalam penggunaan internet, guna mencegah hal-hal buruk yang timbul akibat pemanfaatan yang tidak bijak oleh anak-anak.

Apresiasi juga disampaikan oleh Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Kupang, Pdt. Rio Fanggidae, M.Th yang turut hadir dalam kesempatan tersebut. Menurutnya, Platform layanan digital menjadi kebutuhan yang tidak terelakkan. Karena itu, pihaknya menyambut baik MoU antara Pemkot Kupang dan Biznet yang dinilainya sebagai kampanye bersama untuk memanfaatkan platform digital agar pandemi tidak lagi menjadi halangan bagi orang untuk bertemu.

Jumpa pers yang dipandu oleh Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Kupang, Ernest. S. Ludji, SSTP, M.Si. dan Kabid Pelayanan e-Government Dinas Kominfo, Wildrian Ronald Otta, SSTP., M.M. tersebut juga diikuti oleh perwakilan dari PHDI Kota Kupang dan rekan-rekan media desk Kota Kupang. (*)

Sumber berita dan foto pendukung (*/PKP_ans/chr)

Foto utama (*/ilustrasi Biznet)

Editor (+roni banase)