‘JNE Ngajak Online 2021’ – Elaborasi Bisnis Online Pelaku UKM di Kupang

Loading

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Pandemi Covid-19 berdampak terhadap perusahaan besar hingga Usaha Kecil Menengah (UKM). Sektor UKM menjadi prioritas yang harus diselamatkan dan diberi dukungan penuh agar terus berkembang dalam menghadapi masa transisi penjualan offline ke online.

Mendukung sektor UKM  untuk bersaing di dunia digital, JNE menghelat webinar bertema “JNE Ngajak Online 2021 – Goll…Aborasi Bisnis Online 2021 Kota Kupang” pada Senin, 7 Juni 2021 pukul 14.00 WITA—selasai. Diharapkan UKM di Indonesia, khususnya di Kupang dan Indonesia Timur dapat mengembangkan kemampuan bersaing di dunia digital, dalam skala nasional dan global.

Menghadirkan narasumber Emi Khilafah, Kepala Cabang JNE Kupang; Owner Padu Padan Tenun, Erwin Yuan; Owner Moringakoe & Pintukoe, Xaverius Sondakh; Webinar bernuansa merah yang dihelat memperingati HUT Kota Kupang pada 25 April tersebut diikuti oleh sekitar 148 peserta, dimoderatori oleh Cinta dan dibuka oleh Dian Afrizal selaku Head Regional JTBNN Jatim, Bali, NTB dan NTT.

Dian Afrizal menyampaikan webinar ini merupakan salah satu bentuk perhatian JNE dalam rangka pemberdayaan UKM, khususnya di Kota Kupang dan Indonesia Timur, “Saya sangat berharap dengan adanya webinar ini bisa memfasilitasi dan membantu para UKM dalam menjalankan bisnis di era digitalisasi ini, hadirnya praktisi dari UKM, nantinya dapat menjadi inspirasi kepada penggiat UKM di Indonesia Timur dan Kota Kupang khususnya agar dapat go international dan berorientasi ekspor,” ujar Dian.

Emi Khilafah, Kepala Cabang JNE Kupang saat Webinar “JNE Ngajak Online 2021 – Goll…Aborasi Bisnis Online 2021 Kota Kupang” pada Senin, 7 Juni 2021

Emi Khilafah, Kepala Cabang JNE Kupang mengatakan, JNE berkomitmen untuk terus melaksanakan program sinergi dan kolaborasi yaitu menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dan program adaptasi dan inovasi, di mana JNE terus optimis dan percaya bahwa tantangan yang dihadapi juga memberikan kita peluang untuk terus menggali potensi untuk berkembang di era pandemi.

“JNE Kupang berharap dapat terus berkolaborasi dengan UKM Kupang dan semoga Webinar Ngajak Online ini dapat menjadi media untuk customers mengenal JNE lebih jauh karena memiliki banyak program dan penawaran untuk memudahkan UKM, Seperti program JLC (JNE Loyal Card), Program COD sampai ke pelosok Indonesia Timur juga free pick up. JNE Kupang juga ikut membantu mendistribusikan bantuan bencana alam secara gratis ke seluruh daerah Kupang yang terdampak bencana,” jelas Emi.

Owner Padu Padan Tenun Erwin Yuan menuturkan, penting bagi pelaku usaha untuk terus fokus dan memiliki minat terhadap produk mereka. Selain itu, terus berinovasi dan mengembangkan konten yang menarik juga tak kalah penting terutama pada masa pandemi seperti sekarang. “Padu Padan Tenun mengalami penurunan penjualan saat masa pandemi, namun kami terus melakukan inovasi yaitu dengan memproduksi masker kain dari tenun. Kami juga mengembangkan content social media yang menarik dengan teknik story telling di setiap post Instagram padu padan tenun agar nantinya lebih menarik dan mendapatkan banyak exposure,” ujar Erwin.

Sementara itu, Xaverius Sondakh selaku Owner Moringakoe & Pintukoe mengatakan, salah satu langkah penting dalam memulai bisnis yaitu lihai dalam melihat dan memanfaatkan peluang yang ada di sekitar kita, “Dalam memulai bisnis baru, yang pertama kita harus dapat mencari source yang terdekat dan mudah dijangkau lalu kita bisa kaitkan dengan passion kita. Yang kedua adalah service oriented yaitu sifat ingin memperlakukan pelanggan sama seperti kita ingin diperlakukan, service yang baik akan membuat pelanggan repeat buying dan yang terakhir selalu mencari peluang dan solusi di masa sulit seperti masa pandemi Covid19,” urainya.

Perhelatan webinar “JNE Ngajak Online 2021 Goll…Aborasi Bisnis Online 2021 Kota Kupang” pada Senin, 7 Juni 2021 merupakan kota ke-27 yang menjadi sasaran dalam pemberdayaan UKM oleh JNE. Setelah Kota Kupang, roadshow ini akan kembali hadir di Kota Bandar Lampung pada 17 Juni 2021. Webinar online kali ini merupakan roadshow di 60 kota di seluruh Indonesia dan dimulai pada 26 Januari 2021 di Samarinda dan akan berakhir pada 29 Desember 2021 di Ternate.(*)

Sumber berita (*/tim JNE)

Editor dan Foto utama (+roni banase)