Fulan Fehan Bebas Sampah, Bank NTT Bantu 15 Tong Sampah ke Pemda Belu

Loading

Belu-NTT, Garda Indonesia | Guna menjaga kebersihan, kelestarian destinasi wisata unggulan Kabupaten Belu dan menciptakan kenyamanan bagi pengunjung, Bank NTT Cabang Atambua memberikan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa 15 unit tong sampah untuk ditempatkan di Destinasi Wisata Fulan Fehan.

Penyerahan CSR ini diserahkan langsung oleh Dirut Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho kepada Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH, FINASIM yang selanjutnya diserahkan kepada pengelola di rest area Fulan Fehan, Kecamatan Lamaknen pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bupati Belu, dokter Agus Taolin atas nama masyarakat Belu menyampaikan terima kasih dan mengucapkan selamat datang di Padang Sabana Fulan Fehan, Dataran Tinggi Terpopuler di Indonesia. “Ini adalah dataran tinggi yang masuk nominasi API Award dan menjadi dataran tinggi terpopuler,” ungkapnya.

Lanjut Bupati Belu, tempat yang indah ini adalah anugerah Tuhan, sehingga kita patut menjaga dan melestarikannya menjadi lebih indah dan lebih baik. “Jika ada orang yang datang ke tempat ini diharapkan merasa puas dan ingin kembali lagi ke tempat ini (Fulan Fehan, red) karena kita menata dan menjaganya dengan baik,” ujarnya.

Bupati Belu, dr. Agus Taolin dan Dirut Bank NTT, Alex Riwu Kaho saat memasuki Destinasi Wisata Fulan Fehan

Bupati Belu mengatakan, ke depan apa pun yang dilakukan di Fulan Fehan harus membawa nilai tambah dan juga memberikan dampak dan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Terkait Covid-19, dokter Agus Taolin juga menyampaikan bahwa di tengah pandemi Covid-19, Pemkab Belu tetap melakukan tindakan-tindakan terukur untuk memastikan daerah ini aman untuk dikunjungi. “Kami terus mengimbau dan mengedukasi masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dan ekonomi masyarakat tetap harus tumbuh di dalam keterbatasan dan pembatasan yang dilakukan pemerintah akibat Covid-19,” papar Bupati Belu.

Selain itu, pemerintah juga sedang menggenjot atau mempercepat vaksinasi sehingga  ditargetkan 6—7 bulan ke depan sebanyak 70 persen masyarakat Kabupaten Belu sudah tervaksinasi secara lengkap, baik itu dosis 1 maupun dosis  2.

Direktur Utama Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho menyampaikan, kehadirannya bersama rombongan di Fulan Fehan selain untuk terus berkontribusi guna pembangunan di Kabupaten Belu juga  menerjemahkan berbagai program yang ada kaitannya dengan fungsi intermediasi Bank NTT.

Agar keindahan alam Fulan Fehan bisa dinikmati secara luas, Alex Riwu Kaho menyampaikan ke depan Bank NTT berkoordinasi dengan OPD terkait menyelenggarakan even budaya di Fulan Fehan. “Mungkin kita akan undang Malaka dan TTU dan kita gelar semacam festival budaya di tempat ini, tentu menyesuaikan dengan prokes yang berlaku dan waktu yang tepat,” terangnya.

Bupati Belu menyerahkan secara simbolis bantuan Bank NTT kepada pengelola Destinasi Wisata Fulan Fehan

Selain itu, Alex Riwu Kaho juga menyampaikan, untuk melindungi hak atas kekayaan intelektual (HAKI), Bank NTT dapat membantu untuk perlindungan hukum bekerja sama dengan Dekranasda Belu dan Kemenkumham.

“Kami akan bekerja sama dengan Dekranasda dan Kemenkumham untuk pendaftaran hak atas kekayaan intelektual dan indikasi geografis terkait dengan tenun, sehingga masuk dunia pasar sudah ada perlindungan hukum atas hasil kemampuan intelektual yang sangat kuat dari kaum Wanita Belu,” paparnya.

Alex Riwu Kaho juga menyampaikan bahwa komitmen Bank NTT untuk terus membawa Desa Wisata dan Desa Digital akan terus dilakukan. “Seizin pak Bupati dan pemangku adat, pada bulan September atau Oktober dimungkinkan kita akan membantu sumur bor di Fulan Fehan, sehingga menjadi penting untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Dari sisi kesehatan dan kebersihan, tersedia air yang layak untuk kebutuhan di tempat ini,” jelasnya.

Terkait bantuan tong sampah dari Bank NTT Cabang Atambua, Alex Riwu Kaho menyampaikan kiranya menjadi komitmen bersama untuk menjaga keindahan alam Fulan Fehan sehingga sampah-sampah yang mengganggu kesehatan lingkungan dapat tertampung dan dikelola dengan baik. “Bank NTT juga siap membantu terkait Desa-desa Binaan yang nantinya menyesuaikan dengan program prioritas yang dicanangkan oleh Bupati dan Wakil Bupati Belu,” pungkasnya. (*)

Sumber berita dan foto (*/prokompim belu)

Editor (+roni banase)