Lantik BPD, Bupati Belu Pinta Taat Performa Tugas & Jangan Korupsi

Loading

Belu-NTT, Garda Indonesia | ” “Selamat atas pelantikan ini. Tadi sudah dibacakan tugasnya dan telah diambil sumpah. Terimalah tugas ini dan jalankan dengan sebaik–baiknya”, pinta Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus, Sp.PD – KGEH, FINASIM. didampingi  Wakil Bupati, Drs. Aloysius Haleserens, M.M., S.Pi. saat mengambil sumpah dan melantik 49 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Naitimu, Lawalutolus, Lookeu, Rinbesihat, Derokfaturene, Tukuneno, dan Desa Naekasa (Kecamatan Tasifeto Barat) periode 2021—2027, dan Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota BPD Desa Tohe (Kecamatan Raihat) periode 2019—2025 berdasarkan SK Bupati Belu Nomor 104/HK/2021 tentang peresmian anggota Badan Permusyawaratan Desa di halaman Kantor Camat Tasifeto Barat, pada Sabtu 10 Juli 2021.

Di masa pandemi Covid–19, Bupati Agus Taolin berharap seluruh anggota BPD terlantik dapat melaksanakan tugasnya, terutama yang berkaitan dengan kesehatan dan ekonomi masyarakat desa. Selain itu, untuk meningkatkan perekonomian tingkat desa, Bupati menginstruksikan kepada para kepala desa agar anggaran desa yang sudah dialokasikan segera diturunkan dalam kegiatan–kegiatan terukur dan tidak boleh korupsi demi menunjang pergerakan ekonomi masyarakat.

“Perhatikan, dana desa itu dipergunakan sebaik–baiknya. Saya ingatkan, jangan korupsi! Saya tidak ingin aparat desa Kabupaten Belu masuk penjara akibat kesalahan. Itu berarti pemerintahan tidak baik, tidak performa. Oleh karena itu, kepala desa dan BPD selalu bekerja sama untuk menyelesaikan persoalan di tingkat desa dan selalu berkoordinasi dengan kabupaten,” anjur Bupati Belu.

Bupati Belu, dokter Taolin Agustinus saat mengambil sumpah dan melantik anggota BPD

Sebentar lagi, imbuh dokter Taolin Agustinus, masyarakat Belu akan menikmati pengobatan gratis dengan menunjukkan KTP, KK dan Kartu Tanda Lahir. “Ingat, tekan angka stunting, angka putus sekolah dan sektor lainnya. Sekali lagi, kita buat masyarakat kita lebih baik, lebih sejahtera ke depan untuk mewujudkan masyarakat Belu yang sehat, berkarakter dan kompetitif,” tambahnya.

Bupati Belu juga mengimbau kepada masyarakat Tasifeto Barat agar selalu memproteksi diri dari Covid–19 dengan menerapkan protokol kesehatan 5 M. “Ingat mencuci tangan pakai air mengalir atau menggunakan hand sanitizer, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Ini harus dilakukan dengan benar sehingga kita terhindar dari virus ini,” pungkasnya.

Usai mengambil sumpah dan melantik 49 Anggota BPD di Kecamatan Tasifeto Barat, Bupati dan Wakil Bupati Belu bersama rombongan melanjutkan kegiatan serupa di Kecamatan Nanaet Duabesi.

Turut hadir, Asisten Administrasi Umum, Drs. Alfredo Pires Amaral, Kadis PMD, Januaria Nona Alo, S.I.P, Plt. Kepala BP4D, Dra. M.K Eda Fahik, M.M. Plt. Kadis Koperasi UKM, Elfridus Hale, S.T, Kabag Prokompim, Christoforus M. Loe Mau, Camat Tasifeto Barat, Camat Raihat, Forkopimcam Tasifeto Barat, Kepala Desa se–Kecamatan Tasifeto Barat, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda. (*)

Penulis + foto: (*/Herminus Halek)