Diler Bosowa Tawar Damai Kasus Pecat Karyawati Covid, KNPI Komit Tuntaskan

Loading

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Pasca-pemecatan secara sepihak yang dilakukan oleh Kepala Diler Bosowa Cabang Kupang, Arfan T. Rawuetan terhadap salah satu karyawati terpapar Covid-19, Mutiara Tanof, mendapat perhatian serius Pimpinan PT. Bosowa Berlian Motor di Makassar.

Baca juga : http://gardaindonesia.id/2021/07/15/knpi-ntt-telisik-dugaan-tindak-pidana-ke-eks-karyawati-mutiara-tanof/

Bukti dari perhatian dan keseriusan tersebut, dibuktikan dengan kehadiran HR & Ga. Divisi Head PT. Bosowa Berlian Motor dan tim di Kupang, untuk mengumpulkan berbagai informasi di Cabang Kupang atas langkah dan keputusan sepihak yang dilakukan Arfan T. Rawuaten – Kepala Diler Bosowa Cabang Kupang; sebelum mengambil keputusan di internal perusahaan.

Selain mengumpulkan berbagai informasi dan bukti di Bosowa Cabang Kupang, HR & Ga. Div. Head PT. Bosowa Berlian Motor juga melakukan silaturahmi dan koordinasi bersama Hermanus Th. Boki, Ketua DPD KNPI NTT.

Kepada media, Heri Boki (sapaan akrabnya, red) membenarkan dan mengakui adanya pertemuan dimaksud.  “Ya, Benar, saya bertemu Pak Tanwir selaku HR & Ga. Div. Head PT. Bosowa Berlian Motor dan tim, di Aston Hotel Kupang, tanggal 26 Juli 2021,”ungkapnya.

Heri Boki menguraikan, awal dirinya dihubungi oleh Kepala Diler Bosowa Cabang Maumere atas permintaan Pak Tanwir – HR & Ga. Div. Head PT. Bosowa Berlian Motor untuk bisa bersilaturahmi. “Atas permintaan tersebut, saya merespons dan menemui pihak PT. Bosowa Berlian Motor di Aston Hotel Kupang,” ungkapnya.

Lanjut Boki, “Namun, sebelum bertemu pihak PT. Bosowa Berlian Motor, saya sudah menanyakan apa agendanya? Dijelaskan bahwa silaturahmi biasa saja, kebetulan beliau (maksudnya HR & Ga. Div. Head PT. Bosowa Berlian Motor) sudah di Kupang dan mau silaturahmi sekalian beliau mau mendapatkan informasi yang berimbang, termasuk dari KNPI terkait persoalan yang terjadi di Bosowa Cabang Kupang untuk menjadi pertimbangan Pimpinan Pusat Bosowa agar pihak manajemen Bosowa nantinya dapat  menyikapi dan mengambil langkah tegas atas persoalan dimaksud.”

Boki pun menjelaskan lebih lanjut bahwa dalam ruang silaturahmi dan koordinasi dirinya dengan HR & Ga. Div. Head PT. Bosowa Berlian Motor dan tim, dirinya menggambarkan dan menguraikan secara gamblang kompleksitas persoalan yang terjadi internal Bosowa Cabang Kupang.

Di akhir dari pertemuan silaturahmi dan koordinasi dimaksud, ada kesepakatan bersama yang diambil secara sadar dan bertanggungjawab oleh PT. Bosowa Berlian Motor dan KNPI NTT, sebagai wujud itikad baik dan tanggung jawab bersama menyelesaikan persoalan pemecatan secara sepihak yang dialami Mutiara Tanof.

Adapun 3 (tiga) poin penting kesepakatan bersama tersebut, yaitu :

Pertama, Pihak PT. Bosowa Berlian Motor menawarkan penyelesaian pemecatan Mutiara Tanof, dilakukan secara  kekeluargaan (damai). Dengan catatan, terlebih dahulu membuka ruang pertemuan / tatap muka bersama semua pihak yang terlibat (bermasalah) dengan tujuan agar permasalahan yang terjadi benar-benar clear atau dengan kata lain menyelesaikan masalah tanpa  masalah.

Kedua, Semua hak akan disiapkan dan diberikan, termasuk Surat Keterangan Pernah Bekerja kepada Mutiara Tanof

Ketiga, konferensi pers bersama sebagai bentuk pertanggungjawaban dan informasi publik bahwa persoalan telah diselesaikan secara kekeluargaan.

“Itulah 3 (tiga) poin penting yang menjadi kesepakatan bersama. Sebagai Ketua KNPI NTT, tentunya saya sangat menghargai dan mengapresiasi niat baik yang telah disampaikan. KNPI NTT bersama semua elemen yang terlibat memperjuangkan masalah ini, kami semua komit, mengawal hingga tuntas, dengan harapan Pihak Bosowa komitmen dalam melaksanakan semua yang telah menjadi kesepakatan bersama,” terang Heri Boki.

Heri Boki pun tetap memohon dukungan semua pihak, terutama rekan dan sahabat media untuk membantu mengawal persoalan ini sampai tuntas, sekaligus mohon dukungan doanya kita semua, agar ke depan tidak ada lagi persoalan pemecatan secara sepihak yang dilakukan pihak mana pun terhadap karyawan.

“Serta kita berdoa agar saudara dan sahabat kita yang saat ini terpapar Covid dan menjalani isolasi mandiri, diberi ketabahan, kesabaran, kekuatan dan kemampuan juga kesembuhan,” pinta Heri Boki. (*)

Sumber dan foto (*/tim KNPI NTT)

Editor (+roni banase)