Komunitas ARMY NTT dan Kiprahnya

Loading

Kupang-NTT, Garda Indonesia | A.R.M.Y NTT atau Adorable Representative MC for Youth from East Nusa Tenggara adalah salah 1 fandom K-Pop yang dibentuk pada tanggal 11 November 2020 dengan latar belakang utama yaitu memiliki kesamaan kegemaran (fans) terhadap salah 1 boy group asal Korea Selatan yaitu Bangtan Sonyeondan atau yang terkenal dengan singkatan BTS.

Komunitas ARMY sudah debut pada tanggal 9 Juli 2013 tepatnya setelah 1 bulan BTS melakukan debut dengan single 2 cool 4 skool. Member A.R.M.Y NTT mempunyai beragam latar belakang kapan mereka mulai mengidolakan BTS dan alasan tersendiri menjadikan BTS sebagai idola mereka. Ada yang mulai debut sebagai A.R.M.Y sejak 2013, ada yang mulai menyukai BTS 2014, 2015, 2016, beragam hingga ada yang baru menyukai BTS di tahun 2020—2021.

Proses sosial terbentuknya fandom ini adalah adanya interaksi sosial yang telah dibentuk oleh anak-anak muda fans BTS melalui even-even yang diselenggarakan jauh sebelum dibentuknya komunitas ini dan tujuan utamanya adalah tentunya ingin merangkul fans BTS yang ada di Nusa Tenggara Timur.

Di samping tujuan utama di atas dan seiring berjalannya waktu kebersamaan dalam A.R.M.Y NTT, muncullah tujuan lain dari adanya komunitas ini seperti mengajak ARMY untuk belajar bagaimana mencintai diri sendiri berdasarkan motivasi-motivasi yang diberikan BTS, belajar bukan saja mencintai diri sendiri tetapi peka dan mencintai diri orang lain, menerima keadaan orang lain dengan latar belakangnya masing-masing.

A.R.M.Y NTT juga bergerak di bidang kemanusiaan seperti membuat even belajar mengulurkan tangan dengan memberi sedikit berkat yang Tuhan berikan untuk  membantu orang-orang yang membutuhkan seperti pemulung, loper koran, anak jalanan, penyandang disabilitas, anak panti asuhan dan peka terhadap lingkungan seperti membersihkan pantai/mengedukasi masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya.

Selain itu, beberapa even mengajarkan ARMY untuk bersyukur dalam segala keadaan serta saling share informasi terkait Korean culture , beasiswa studi, paket liburan ke Korea dan edukasi make up look korean style. Even tersebut diselenggarakan dan disesuaikan dengan perayaan ulang tahun member BTS, anniversary BTS, anniversary ARMY sedunia, dan anniversary A.R.M.Y NTT.

Adapun jumlah member A.R.M.Y NTT untuk keseluruhannya sekitar 2000-an untuk ARMY yang sudah tercover  (jumlah disesuaikan dengan followers di beberapa komunitas ARMY yang ada di NTT.(*)

Sumber dan foto (*/ARMY NTT)

Editor (+roni banase)