TMMD Kodim 1605/Belu Segera Buka Jalan Penghubung di Kakuluk Mesak

Loading

Belu–NTT, Garda Indonesia | TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke–112, Kodim 1605/Belu bekerja sama dengan pemerintah daerah segera membuka akses jalan baru yang menghubungkan dua wilayah desa, yakni Desa Kabuna dan Leosama di Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Demikian dikatakan Komandan Kodim 1605/Belu, Letkol. Inf. Wiji Untoro pada Kamis siang, 26 Agustus 2021.

Dandim Wiji Untoro menjelaskan bahwa yang terjadi hingga saat ini, apabila ada masyarakat Desa Kabuna yang hendak pergi ke kantor Kecamatan Kakuluk Mesak, jalannya kejauhan dengan jarak tempuh mencapai 29 kilo meter, bahkan membutuhkan waktu hampir 1 jam perjalanan.

“Karena ‘kan Desa Kabuna itu Kecamatannya Kakuluk Mesak. Kalau mereka mau ke kecamatan, jalannya mutar 29 kilo meter, dan itu 50 menit. Kalau udah buka jalan itu, maka cuma 4 kilo jalanan, perjalanan cuma 10 menit. Kita buka 4 kilo meter dengan lebar 4 meter. Nanti kalau tahun depan pemda mau aspal, malah lebih bagus lagi,” urai Dandim 1605/Belu.

Selain bertujuan untuk mempersingkat waktu tempuh perjalanan, Dandim juga menyebutkan bahwa jalan baru yang akan segera dibuka mulai pada Rabu, 15 September 2021 itu justru sangat menguntungkan masyarakat petani yang memiliki lahan di sepanjang lokasi.

“Kita mulai buka tanggal 15 September sampai 15 Oktober 2021. Waktunya 30 hari dengan masa pra-nya 15 hari. Jadi, total waktunya 45 hari. Waktu pra dimulai tanggal 1 September 2021. Pekerjaan fisiknya kita akan tambahkan dengan membangun kapela dan sumur bor. Sedangkan non fisiknya kita buat penyuluhan–penyuluhan tentang wawasan kebangsaan, terorisme, kesehatan, pertanian dan peternakan,” imbuhnya.

Dandim Untoro menambahkan, TMMD ini bertujuan untuk membangun kembali sifat kegotongroyongan yang merupakan salah satu ciri khas kehidupan masyarakat Indonesia. (*)

Penulis + foto: (*/Herminus Halek)