Provinsi NTT Urutan Ketiga Program ‘Innovative Government Award’

Loading

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) melalui Badan Litbang,  menyelenggarakan kegiatan Indeks Inovasi Daerah atau Innovative Government Award (IGA) dengan melakukan pengamatan, penelitian dan penilaian terhadap inovasi-inovasi di daerah seluruh Indonesia.

Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja daerah dalam mencapai tujuan otonomi daerah yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pelayanan publik dan daya saing daerah.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi NTT, Prisila Parera mengatakan telah diumumkan IGA oleh Kemendagri dan Kluster Provinsi se Indonesia, Pemerintah Daerah (Pemda) NTT masuk urutan ketiga dan kluster provinsi/kabupaten/kota se- Indonesia, Pemda NTT mendapat rangking 16 dari 548 provinsi/kab/kota.

“IGA ditetapkan dan diumumkan berdasarkan hasil inovasi-inovasi yang ada di daerah yaitu terkait pembangunan yang sudah, sedang dan yang akan dilaksanakan. Perlu kita tingkatkan dan kita tidak berpuas diri dengan hasil penilaian tersebut, oleh karena itu Bapak Gubernur mengajak seluruh komponen pelaku pembangunan dan masyarakat NTT untuk berkolaborasi menciptakan inovasi-inovasi baru,” tegas Prisila

Hasil Pengumuman IGA, ungkap Prisila, untuk Kluster Provinsi se-Indonesia, Pemda NTT meraih nomor tiga terbaik se Indonesia dengan skor 86,44 dan kluster provinsi dan kabupaten/kota, Pemda NTT mendapat rangking 16 dari 548 provinsi/kabupaten/kota.

“Pencapaian ini merupakan keberhasilan semua pelaku pembangunan di NTT, khususnya seluruh ASN di NTT sebagai aset terbesar di daerah ini, skor dan peringkat pasca-penutupan aplikasi/sistem online IGA Kemendagri pada 17 September 2021. Hasil ini, kita berharap tetap meningkat berdasarkan hasil verifikasi tim Kemendagri  dan Kementrian/Lembaga terkait karena proses verifikasi di Nasional masih berlangsung,” tandas Pris. (*)

Sumber dan foto (*/Biro Administrasi Pimpinan Setda NTT)

Editor (+roni banase)