Sinkronisasi Sistem Kelistrikan, Tim GM PLN NTT Menapak Pulau Sejuta Lontar

Loading

Sabu Raijua, Garda Indonesia | General Manager PLN UIW NTT, Agustinus Jatmiko beserta 10 (sepuluh) tim andal di antaranya Heru Purwoko, Senior Manajer Niaga; Ardhi Tartahadi, Senior Manajer TND; Paul Kiring, Senior Manajer KIT; Daniel Karmel Fernando Tampubolon, Senior Manajer REN; Yulius Petrus Rihi, MSB Umum; Yuniarto Hadi Prayitno, MSB DIST; Aris Kurniawan, MUPK Timor; I Gede Artha Dana, MBKIT; I Wayan Adi Harimbawa, MBREN, dan Arif Humas PLN UIW NTT; menapaki Sabu Raijua pada Rabu pagi, 22 September 2021.

Menggunakan pesawat Dimonim Air PK-HVX tipe C208, tim GM PLN UIW NTT bertolak dari Bandara Internasional El Tari Kupang pada pukul 06.00 WITA dan tiba di Bandara Tardamu Sabu Raijua pada pukul 06.40 WITA. Selanjutnya tim menuju ke Pulau Raijua menggunakan speedboat, tiba pada pukul 09.25 disambut oleh Camat Raijua Titus Bernadus Duri.

Keberadaan tim andal lengkap PLN UIW NTT tersebut untuk menyinkronkan program kerja Pemda Sabu Raijua dan program kerja PLN guna membangun sistem kelistrikan andal di Pulau Sejuta Lontar tersebut.

GM PLN UIW NTT, Agustinus Jatmiko dan tim saat tiba di Pulau Raijua

Lalu, GM PLN UIW NTT, Agustinus Jatmiko dan tim meninjau Rumah Sakit Pratama Raijua guna menelisik dan merancang pembangunan jaringan listrik di rumah sakit bantuan dari Kementerian Kesehatan bagi masyarakat Raijua. Kemudian melihat dari dekat aktivitas petani rumput laut, dan melihat potensi pengembangan jaringan listrik bagi petani rumput laut di Desa Kolorae.

Selain itu, Agustinus Jatmiko pun menyambangi dan berdialog dengan petugas PLN di PLTD dan PLTS Raijua guna memeriksa sistem pembangkit listrik yang telah beroperasi 1 x 24 jam tersebut sejak 17 Agustus 2021 di pulau yang konon memiliki tapak kaki Gajah Mada tersebut.

Usai melakukan kunjungan kerja di Pulau Raijua, GM PLN UIW NTT dan tim bertolak ke Pulau Sabu dan tiba pada pukul 16.45 WITA dan selanjutnya bertatap muka dengan Bupati Sabu Raijua, Nikodemus Rihi Heke pada pukul 19.00 WITA—selesai untuk menyinkronkan program kerja PLN dan Pemda Sabu Raijua.

Didampingi Camat Raijua, Titus Duri, GM PLN UIW NTT menelisik dan menyiapkan rencana pembangunan jaringan listrik di Rumah Sakit Pratama Raijua

Sebelumnya, kepada Garda Indonesia pada Selasa sore, 21 September 2021 sebelum bertolak ke Sabu Raijua, GM PLN UIW NTT Agustinus Jatmiko mengungkapkan bahwa tujuan ke Sabu Raijua untuk menyinkronkan desain kelistrikan guna menghimpun info awal dari pemda.

“Jadi desain pemda (Sabu Raijua, red) lima tahun ke depan mau bikin apa. Kan saat kunjungan Pak Bupati (pada Jumat, 17 September 2021, red) sampaikan ke saya kalau Sabu Timur jadi kawasan industri. Kita perlu info itu dari awal karena PLN tak bisa investasi langsung tiba-tiba. Jadi, desain lanskap seperti apa, maka PLN akan mengikuti,” urai Agustinus Jatmiko.

Hal tersebut, tandas GM PLN UIW NTT, sesuai dengan arahan dari Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL). “Kalau pemda punya program yang membutuhkan infrastuktur kelistrikan tolong disampaikan ke PLN agar saya bisa mengikuti dari awal,” ucap Agustinus Jatmiko sembari menegaskan bahwa saat ini semua investasi harus melalui proses ketat.

Penulis dan Editor (+roni banase)

Foto oleh Arif –Humas PLN UIW NTT