Sidak Hari Minggu di Rutan Kupang, Merci Jone: Jaga Instansi Kemenkumham

Loading

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Kakanwil Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone saat melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Rutan Kelas IIB Kupang, pada Minggu, 26 September 2021, guna memantau kondisi keamanan dan ketertiban serta pelayanan saat hari libur.

Tiba di Rutan, Kakanwil didampingi Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Rocky Osingmahi langsung menuju ke dalam blok tahanan untuk melihat keadaan di dalam blok dan berdialog dengan para tahanan serta memberikan arahan kepada para petugas penjagaan.

Kakanwil yang akrab disapa Merci Jone ini  menekankan untuk bekerja dengan penuh tanggung jawab serta selalu menciptakan kondisi yang aman dan kondusif di dalam Rutan.

“Tidak boleh ada perlakuan yang tidak manusiawi kepada tahanan, baik psikis maupun fisik serta perlakuan yang tidak adil terhadap pelayanan pemberian hak-hak tahanan yang akan berpotensi menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban, jaga selalu kondisi di dalam Rutan agar selalu aman dan kondusif,” tegasnya.

Kakanwil Merci Jone saat memberikan arahan kepada para petugas penjagaan.

Ia juga menegaskan bahwa segala bentuk pungutan liar harus dihilangkan karena akan mencoreng nama baik instansi Kemenkumham. “Nama baik institusi harus kita jaga bersama dengan sebaik-baiknya, bangunlah rasa memiliki dan kecintaan terhadap institusi dengan tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang merugikan instansi,” ujar Kakanwil Merci Jone.

Merci Jone pun menekankan akan menindak tegas para oknum yang melakukan kekerasan dan pungli sehingga membuat citra buruk bagi Kemenkumham. Pelayanan bagi tahanan juga menjadi salah satu fokus arahannya baik pelayanan pemberian makanan yang layak, air bersih yang cukup dan pemindahan tahanan yang telah mendapatkan putusan inkrah oleh pengadilan.

“Lakukan assesment dan pemetaan terhadap narapidana yang sisa masa pidananya di atas 12 bulan dan segera lakukan pemindahan secara bertahap ke Lapas,” kata Kakanwil Merci Jone.

Mengakhiri arahan, Kakanwil berpesan kepada seluruh petugas pengamanan agar selalu memperlakukan tahanan dengan baik. “Perlakukan tahanan dengan baik dan manusiawi, anggaplah parah tahanan layaknya keluarga sendiri yang patut kita lindungi,” pesan Merci Jone.(*)

Sumber dan foto (*/Humas Kumham NTT)

Editor (+roni banase)