Panen Kangkung di Rutan Kelas IIB SoE, Wabup TTS : Contoh bagi Dinas–Dinas

Loading

SoE–NTT, Garda Indonesia | Rumah tahanan (Rutan) SoE kelas IIB memanen raya sayur kangkung yang ditanam oleh Kepala Rutan dan jajarannya bersama Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di halaman Rutan kelas IIB SoE, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Senin, 27 September 2021.

Pantauan Garda Indonesia, turut hadir Wakil Bupati TTS, Army Konay, Ketua DPRD, Marcu Buana Mba’u, S.E., Wakil Ketua II DPRD TTS, Yusuf N Soru, S.E. bersama dua anggota DPRD lainnya, Habel Hoti dan Lorens Jehau.

Kepala Rutan SoE Kelas IIB, Nixon G.L. Osingmahi, S.Sos., M.Hum. memaparkan sebelumnya lahan kebun sayur kangkung itu merupakan taman bunga. Kondisi tanahnya berbatu, kering dan tandus ketika musim kemarau tiba. “Sehingga saya berpikir untuk menjadikan dapur hijau di halaman depan. Awalnya, tanah ini penuh dengan batu karang. Kami susun batu jadi bedeng, kami isi tanah yang kami ambil dari tempat lain, lalu tanam sayur. Pupuknya kami pakai organik,” urainya.

Dikatakan Kepala Rutan SoE, pertanian sayuran kangkung itu sebagai hasil pelatihan mandiri WBP Rutan SoE. Pemanfaatannya dikembalikan ke dapur umum untuk dikonsumsi para WBP setiap hari. Dan setelah panen, akan ditanam ulang lagi dengan berbagai macam bibit sayuran yang sudah tersedia.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati TTS , Army Konay atas nama pemerintah daerah TTS menyampaikan terima kasih kepada kepala Rutan bersama jajarannya atas perubahan signifikan yang ditunjukkan Rutan SoE dalam bidang pelayanan, pertanian dan karya–karya lainnya.

“Hasil panen raya di Rutan SoE ini menjadi salah contoh di Kabupaten TTS karena batu karang bisa berubah menjadi tanah. Kita patut mencontohi sehingga kita bisa kembangkan di kebun kita masing–masing dan halaman rumah kita,” kata Army.

Army Konay berharap, kebun sayur Rutan SoE bisa menjadi contoh bagi dinas–dinas dan kemitraan yang lain. Semua patut mengambil contoh dari Rutan SoE.

“Saya berharap pengalaman untuk para WBP yang masih dalam asimilasi rumah, yang akan bergabung kembali ke masyarakat bisa membawa pengalaman ini kepada masyarakat,” papar Army.

Ketua DPRD TTS, Marcu Buana Mba’u, S.E., juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Rutan SoE bersama jajarannya yang telah mengundang untuk melihat kondisi lapas sekaligus panen raya. Walaupun lahannya kecil tetapi bisa dipergunakan dengan baik. “Kita memberikan apresiasi karena dalam kondisi lahan kecil seperti ini mereka bisa panen dan bisa memberikan contoh yang baik untuk pemda dan juga bagi masyarakat di TTS,” ungkap Marcu.

“Kami sebagai pimpinan daerah ini menyampaikan terima kasih karena Kepala Rutan SoE bersama jajarannya berhasil mendidik atau membina sebagian dari WBP yang berada di Rutan SoE ini. Untuk itu kita sangat bersyukur dengan kondisi ini, dan kita berharap setelah mereka keluar dari sini, mereka bisa memperbaiki,” tambah Wakil Ketua II DPRD, Yusuf N Soru, S.E. (*)

Penulis + foto: (*/Daud Nubatonis)

Editor: Herminus Halek