Ala Virtual, Kumham NTT Peringati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021

Loading

Kupang-NTT,  Garda Indonesia | Jajaran Kanwil Kemenkumham NTT mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara virtual, pada Jumat 1 September 2021. Kepala Kanwil Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone bersama Kepala Divisi (Kadiv) Administrasi, Garnadi, Kadiv Pemasyarakatan, Mulyadi; Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM, Arfan Faiz Muhlizi serta pejabat administrator dan pengawas melaksanakan upacara di ruang multi fungsi. Sementara para ASN, yang bekerja dari kantor maupun dari rumah mengikuti dari ruangan kerja dan tempat tinggal masing-masing.

Pelaksanaan upacara secara virtual mengikuti upacara tingkat pusat dari Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur. Tahun di masa pandemi ke endemi ini, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila mengangkat tema “Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila”.

Presiden RI Joko Widodo tiba di tempat upacara sekitar pukul 07.58 WIB atau 08.58 WITA. Upacara diisi dengan pembacaan teks Pancasila oleh Ketua DPD RI, La Nyalla Mattalitti, Pembukaan UUD 1945 oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, serta pembacaan dan penandatanganan ikrar oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani.

“Kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Puan Maharani saat membacakan Ikrar.

Upacara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas lalu ditutup.

Selain mengikuti upacara, setiap unit kerja dan seluruh pegawai Kemenkumham RI juga mengibarkan Bendera Merah Putih setengah tiang pada 30 September 2021 serta mendengarkan Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui berbagai kanal media massa.

Selanjutnya bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober, Bendera Merah Putih dikibarkan satu tiang penuh baik di kantor maupun tempat tinggal masing-masing. (*)

Sumber dan foto (*/Humas Kumham NTT/rin)

Editor (+roni banase)